Terinfeksi Covid-19 di Antara Jeda Vaksinasi, Ini yang Akan Terjadi

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Terinfeksi Covid-19 di Antara Jeda Vaksinasi, Ini yang Akan Terjadi

Terinfeksi Covid-19 di Antara Jeda Vaksinasi, Ini yang Akan Terjadi

KEPONEWS.COM - Terinfeksi Covid-19 di Antara Jeda Vaksinasi, Ini yang Akan Terjadi SETIAP orang yang sudah mendapatkan suntikan vaksin covid-19 dosis pertama harus menunggu sekira dua pekan, bahkan satu bulan untuk orang lanjut usia, supaya bisa kembali divaksinasi dosis kedua. Lalu...

SETIAP orang yang sudah mendapatkan suntikan vaksin covid-19 dosis pertama harus menunggu sekira dua pekan, bahkan satu bulan untuk orang lanjut usia, supaya bisa kembali divaksinasi dosis kedua. Lalu di tengah jeda waktu itu, apakah bisa terinfeksi covid-19? Jawabannya bisa.

Seperti dijelaskan pakar penyakit menular, meskipun seseorang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama, nyatanya memang tetap bisa terinfeksi covid-19.

Terinfeksi Covid-19 Usai Vaksin Dosis Pertama, Bisakah Lanjut ke Suntikan Kedua?

"Ini bisa dan memang terjadi. Ingat, kami bahkan melihat infeksi covid-19 pada pasien yang telah divaksin lengkap. Ini berarti dua hingga lima minggu setelah dosis kedua dari salah satu atau imunisasi Mrna," kata Dokter Paul Pottinger, ahli penyakit menular di Universitas Washington, seperti dikutip dari laman Huffingtonpost, Kamis (15/4/2021).

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

Terkait peluang terinfeksi covid-19 walau sudah divaksin, disebutkan juga bahwa semenjak awal para peneliti telah mengetahui perihal kemungkinan ini.

Vaksin Nusantara Sudah Uji Klinis, Apa Kabar Vaksin Merah Putih?

Paul Pottinger merujuk pada uji klinis untuk Vaksin Pfizer dan Moderna yang menunjukkan keduanya secara kasar punya efikasi hingga 95 persen efektif dalam mencegah covid-19 setelah dua suntikan lengkap. Tetapi nyatanya, ada beberapa penerima vaksin yang akhirnya jatuh sakit ketika berada di waktu jeda dua dosis vaksinasi tersebut.

"Yang akan saya katakan merupakan kalau orang khawatir tertular covid-19 di tengah proses vaksinasi, itu benar sekali. Mereka seharusnya khawatir perihal ini, karena mereka belum terlindungi," tambahnya.

Comments