Tentang 5 Srikandi Jokowi di Kabinet Indonesia Maju

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Tentang 5 Srikandi Jokowi di Kabinet Indonesia Maju

Tentang 5 Srikandi Jokowi di Kabinet Indonesia Maju

KEPONEWS.COM - Tentang 5 Srikandi Jokowi di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik 38 menteri dan pejabat setingkat menteri di Istana Negara pada Rabu, 23 Oktober 2019. Dari jumlah itu, lima di antaranya ialah menteri perempuan. Kelima me...
Loading...

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik 38 menteri dan pejabat setingkat menteri di Istana Negara pada Rabu, 23 Oktober 2019. Dari jumlah itu, lima di antaranya ialah menteri perempuan.

Kelima menteri perempuan tersebut, terdiri dari tiga menteri muka lama dan dua menteri muka baru. Ketiga sosok yang kembali menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju, adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Sementara dua menteri baru, yaitu Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Berikut ini, profil singkat lima menteri wanita tersebut di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Presiden Jokowi dan Kepala RSPAD Gatot Subroto, Terawan Agus Putranto

Nama-nama yang di Panggil Jokowi ke Istana, 13 'Muka Lama'

Siti Nurbaya datang ke Istana Kepresidenan Jakarta

Siti Nurbaya Kembali Jadi Menteri LHK

Menteri LHK Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya Bakar Datangi Istana, Wakili Nasdem

Sri Mulyani kembali jadi Menteri Keuangan di Kabinet Jokowi jilid II

Sri Mulyani Tegaskan Tetap Jabat Menteri Keuangan

Syahrul Yasin Limpo.

5 Tokoh Calon Menteri Sudah Datangi Istana

Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Presiden, Jakarta.

Giliran Sri Mulyani Datang ke Istana, Bakal Jadi Menkeu Jokowi Lagi?

Wanita 57 tahun yang sebelumnya dikenal sebagai pakar ekonomi ini sudah beberapa kali menjadi menteri semenjak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan sekaligus Plt Menteri Perekonomian di pemerintahan SBY.

Sri Mulyani yang mendapat gelar master dan doktor dari University of Illinois Urbana-Champaign, Amerika Serikat itu juga pernah menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia pada 2010-2016. Saat Jokowi menjabat sebagai presiden, Sri Mulyani dipinang untuk menjadi menteri keuangan di Kabinet Kerja. Kini di Kabinet Indonesia Maju, Jokowi kembali mempercayakan posisi yang sama untuknya.

Sementara selama menjabat sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani sudah tiga kali mendapat penghargaan sebagai menteri keuangan terbaik di daerah Asia Pasifik versi majalah Finance Asia semenjak tahun 2017 hingga 2019. Dia juga sempat masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh versi Forbes hingga The 22 Most Powerful Female Political and Policy Leaders 2018.

Adapun total harta kekayaan Sri Mulyani dalam LHKPN per Maret 2019 sebesar Rp46.608.517.729. Hartanya tersebut terdiri atas 11 bidang tanah dan bangunan senilai Rp37,9 miliar uang tersebar di Tangerang Selatan, Tangerang, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Bogor sampai Maryland (AS). Dia juga punya harta bergerak senilai Rp415 juta, surat berharga Rp12,68 miliar serta kas dan setara kas Rp5,57 miliar. Namun, dia punya utang Rp9,997 miliar.

Comments