Tenaga Mesin Toyota Innova Anjlok 5 Hp saat Gunakan Bahan Bakar B50

Otomotif

News / Otomotif

Tenaga Mesin Toyota Innova Anjlok 5 Hp saat Gunakan Bahan Bakar B50

Tenaga Mesin Toyota Innova Anjlok 5 Hp saat Gunakan Bahan Bakar B50

KEPONEWS.COM - Tenaga Mesin Toyota Innova Anjlok 5 Hp saat Gunakan Bahan Bakar B50 JAKARTA - Ditengah usaha pemerintah menaikkan kandungan minyak kelapa atau disebut biodiesel hingga 30 persen. Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), justru telah melakukan uji jalan penggunaan B50 den...
Loading...

JAKARTA - Ditengah usaha pemerintah menaikkan kandungan minyak kelapa atau disebut biodiesel hingga 30 persen. Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), justru telah melakukan uji jalan penggunaan B50 dengan menempuh jarak 20 ribu kilometer.

Pengujian tersebut dilakukan memakai Toyota Innova bermesin diesel, dalam pengujian tersebut Ketua Tim Road Test Biodiesel B50 PPKS Muhammad Ansori Nasution mengungkap tidak ada kendala berarti dalam uji jalan memakai bahan bakar biodiesel 50 persen.

"Selama pengujian tidak ada kendala utama pada mobil, layaknya memakai bahan bakar pada umumnya. Pengujian juga dilakukan dengan banyak sekali metode untuk mendapatkan hasil penelitian, sehingga tidak terfokus pada sistem kerja B50 saja," ujar Nasution, kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan selama pengujian analisa performance, tenaga yang dihasilkan, torsi, fuel konsumsi bahan bakar, emisi. Seluruhnya memakai dua mobil dan melakukan penggantian pengendara untuk mengukur dampak efisiensi dari karakter mengemudi.

Terkait tenaga yang dihasilkan, Nasution mengungkap memang ada penurunan tenaga sebesar 5 hp dari tenaga standar pabrikan. Selain itu hasil penelitian juga mengungkap adanya penurunan torsi sebesar 2 newton meter.

Meski demikian, Nasutin membantah kabar biodiesel menyebabkan usia pakai filter pendek dan saat digunakan di suhu dingin, biodiesel akan membeku dan mengganggu sistem pembakaran internal mesin.

"Kita sudah melakukan pengujian di dataran tinggi pada suhu 17 derajat celcius dan dinyalakan pada jam 4 subuh. Kondisi mesin normal dan tidak ada masalah di sistem pembakaran internalnya," pungkasnya.

(muf)

Loading...

Comments