Temulawak tingkatkan imun tubuh, ini kata pakar kesehatan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Temulawak tingkatkan imun tubuh, ini kata pakar kesehatan

Temulawak tingkatkan imun tubuh, ini kata pakar kesehatan

KEPONEWS.COM - Temulawak tingkatkan imun tubuh, ini kata pakar kesehatan Jumlah kasus corona di Indonesia setiap harinya bertambah. Presiden Jokowi telah meminta masyarakat untuk serius menerapkan social distancing dan hal preventif lainnya seperti menjaga pola hidup bersi...

Jumlah kasus corona di Indonesia setiap harinya bertambah. Presiden Jokowi telah meminta masyarakat untuk serius menerapkan social distancing dan hal preventif lainnya seperti menjaga pola hidup bersih sehat demi menekan penyebaran wabah COVID-19 ini.

Berbicara mengenai pola hidup sehat, banyak cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Misalnya saja dengan mengonsumsi banyak sekali suplemen dan juga ramuan rempah-rempah yang kaya akan manfaat.

Menurut Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin dari Professor Nidom Foundation (PNF) Prof. Dr. Chairul A. Nidom, salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk memelihara daya tahan tubuh merupakan temulawak atau Curcuma xanthorrhiza Roxb yang mengandung curcumin.

Temulawak sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan, pencegahan dan pengobatan penyakit, serta pada masa pemulihan. Terkait dengan infeksi virus Covid-19, Prof. Nidom memaparkan curcumin dalam temulawak bisa mengendalikan produksi sitokin karena dari satu sel yang terinfeksi oleh virus, baik itu virus infuenza maupun Covid-19.

Prof. Nidom juga mengungkapkan, dalam penelitian yang ia lakukan pada 2008 curcumin pada temulawak bisa mengendalikan sitokin inflamatori sehingga tidak terjadi badai sitokin yang membuat paru-paru padat dan kaku sehingga terjadi sesak nafas bahkan gagal nafas dan bisa berlanjut ke kematian

"Bisa disimpulkan hasil penelitian terebut ialah temulawak atau Curcuma xanthorrhiza Roxb yang mengandung curcumin mempunyai efek terhadap daya tahan tubuh yaitu sebagai imunomodulator (Cattanzaro et al, 2018). Hal serupa juga disampaikan oleh Varalaksmi, et.al. (2008) melalui penelitian in vivo juga menyatakan bahwa curcumin dapat memodulasi sistem daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan kemampuan proliferasi sel T," tuturnya dalam siaran pers yang brilio terima, Senin (30/3).

Selain itu, penelitian bio-informatika yang dipublikasikan pada Maret 2020 dan kepustakaan terbaru telah menyebut bahwa curcumin merupakan salah satu kandidat antivirus SARS-CoV-2.

Diharapkan curcumin yang terkandung di temulawak bisa meningkatkan ekspresi ACE2 bentuk soluble yang dapat menghambat terjadinya ikatan antara protein virus dengan ACE2 bentuk fixed pada permukaan sel inang, dimana ACE 2 merupakan sel inang bagi COVID-19 (Inggrid Tania, 2020).

Hal serupa disampaikan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisonal dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr Inggrid Tania, M.Si., menurutnya secara fungsional, ada dua bentuk ACE2 yaitu bentuk fixed (menempel pada permukaan sel) dan soluble (bentuk bebas dalam darah).

ACE2 bentuk soluble diproyeksikan menjadi salah satu kandidat antivirus corona melalui mekanisme interseptor kompetitif yang mencegah ikatan antara partikel virus dengan ACE2 pada permukaan sel inang.

"Temulawak sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia selama berabad-abad. Berdasarkan empirical experiental evidence, scientific evidence, dan clinical evidence temulawak terbukti aman dan memberikan manfaat daya tahan tubuh," jelasnya.

Banyak sekali penelitian, terutama penelitian in-vitro dan praklinis di dunia terhadap curcumin menunjukkan bahwa curcumin bersifat antiperadangan, antivirus, antibakteri, antijamur, dan antioksidan.

Sementara itu, VP Research and Development SOHO Global Health DR. Raphael Aswin Susilowidodo, M.Si, menganjurkan masyarakat untuk memakai temulawak yang telah diekstrak. Penggunaan temulawak yang telah diekstrak menurut DR Aswin lebih efektif menjaga kesehatan tubuh karena kadar curcuminnya lebih terukur sehingga sesuai dengan kebutuhan tubuh.

"Untuk mendapatkan ekstrak curcumin 20 mg diharapkan 7500 mg temulawak segar, sehingga produk Curcuma FCT sangat simple dan nyaman digunakan pasien tanpa harus repot membuat rebusan, pungkas DR Aswin.

RECOMMENDED Temulawak tingkatkan imun tubuh, ini kata pakar kesehatan

Comments