Temuan sederhana ini ubah kehidupan 3.000 keluarga di India, wow

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Temuan sederhana ini ubah kehidupan 3.000 keluarga di India, wow

Temuan sederhana ini ubah kehidupan 3.000 keluarga di India, wow

KEPONEWS.COM - Temuan sederhana ini ubah kehidupan 3.000 keluarga di India, wow Laki-laki di beberapa desa di Maharashtra India menikahi dua sampai tiga wanita. Hal ini dianggap biasa dan ada hubungannya dengan kelangkaan air. Istrilah yang bertugas mengambil air dari sumber menu...

Laki-laki di beberapa desa di Maharashtra India menikahi dua sampai tiga wanita. Hal ini dianggap biasa dan ada hubungannya dengan kelangkaan air. Istrilah yang bertugas mengambil air dari sumber menuju rumah. Ketika istri hamil, mereka kesulitan untuk menyediakan kebutuhan air.

Maka jalan keluar yang dianggap tepat ialah sang suami menikah lagi. Begitupun ketika istri kedua telah hamil, suami diijinkan menikah lagi. Biasanya, mereka harus bolak-balik berjalan kaki tiga kali atau lebih setiap hari demi memenuhi kebutuhan air keluarga.

Untuk mendukung ribuan perempuan di India, LSM Tempat asal for Humanity India telah memperkenalkan water wheel, wadah plastik berbentuk silinder yang dapat menampung lebih dari 45 liter air yang disertai pegangan utnuk membantu orang menjalankannya di tanah.

Alat sederhana ini menghemat tenaga jikalau dibanding cara sebelumnya yaitu meletakkan bejana berisi air di kepala, bahu atau pinggang.

IBTimes.coo.in mewawancarai Rajan Samuel, Managing Director Tempat asal for Humanity India, pihak pengelola proyek water wheel yang telah membantu ribuan wanita di India sejauh ini. Berikut ialah beberapa petikan wawancaranya. Foto-foto dirilis dari facebook Tempat asli for Humanity India.

1. IBTimes: Kapan proyek water wheel diperkenalkan di India?

Rajan: Roda air ialah alat sederhana yang efektif yang dirancang untuk orang-orang yang kekurangan akses air yang dapat dipercaya untuk keperluan rumah tangga mereka. Dengan dukungan dari Wello Water, sebuah usaha sosial, Tempat asal for Humanity India memperkenalkan proyek roda air pada tahun 2015. Proyek pertama berada di Paithan Block, di distrik Aurangabad, Maharashtra, di mana 500 roda air diserahkan ke penduduk setempat.

2. IBTimes: Dari mana inspirasinya?

Rajan: Selama bertahun-tahun, situasi kekeringan di negara ini telah menyebabkan kelangkaan air di banyak desa di India. Maharashtra telah menjadi salah satu negara yang terkena dampak terburuk karena hal ini. Selain itu, perempuan di desa-desa ini sangat menderita karena harus menempuh perjalanan jauh untuk mengambil air.

3. IBTimes: Berapa banyak keluarga yang diperkirakan mendapat manfaat sejauh ini?

Rajan: Lebih dari 3.442 keluarga diuntungkan melalui water wheel sampai ketika ini.

4. IBTimes: Bagaimana tanggapan orang-orang yang menggunakannya?

Rajan: Kami telah menerima respon yang luar biasa daripara wanita yang mendapat water wheel di seluruh desa di Maharashtra. Ini telah menjadi simbol perkembangan sosial. Muda dan tua, banyak yang diuntungkan karena konsep water wheel ini.

5. IBTimes: Berapa biaya untuk satu roda air?

Rajan: Perkiraan biaya water wheel dipatok sekitar Rs 3.000 (Rp 620 ribu). Dalam beberapa kasus, biaya bahkan bisa sampai Rs 4.500 (Rp 930 ribu).

Sebuah film pendek yang menggambarkan keadaan ini pernah dirilis pada 2015 dengan judul The Water Wives.

Berikut videonya:

(nng)

Comments