Telinga Anak Zaskia Adya Mecca Kemasukan Semut, Ini Bahaya Bisa Terjadi

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Telinga Anak Zaskia Adya Mecca Kemasukan Semut, Ini Bahaya Bisa Terjadi

Telinga Anak Zaskia Adya Mecca Kemasukan Semut, Ini Bahaya Bisa Terjadi

KEPONEWS.COM - Telinga Anak Zaskia Adya Mecca Kemasukan Semut, Ini Bahaya Bisa Terjadi KEJADIAN tidak terduga pada anak yang membuat orangtua panik dan khawatir bisa terjadi kapan saja. Walaupun anak selalu berada dalam pengawasan orangtua, bukan berarti bisa aman sepenuhnya. Hal inilah...

KEJADIAN tidak terduga pada anak yang membuat orangtua panik dan khawatir bisa terjadi kapan saja. Walaupun anak selalu berada dalam pengawasan orangtua, bukan berarti bisa aman sepenuhnya. Hal inilah yang baru saja dialami oleh artis Zaskia Adya Mecca.

Melalui Instagram Story di akun pribadinya, ibu 4 orang anak itu membagikan cerita bahwa anak keduanya, Kala Madali Bramantyo mengalami kejadian yang bisa dikatakan cukup berbahaya bila tidak ditangani dengan segera. Indera pendengaran bocah kelahiran 2 Agustus 2013 itu kemasukan semut yang untungnya sudah dalam keadaan mati. Hanya saja, semut itu tetap menempel di indera pendengaran karena terlalu lengket.

Oke mau cerita sedikit soal Kala hari ini. Jadi hari ini dia aku bawa ke THT karena sekitar 3 minggu yang lalu aku iseng ngecek kuping anak-anak, ternyata di kupingnya Kala ada semut mati. Itu yang bikin agak tenang. Tadinya mau langsung ke THT tapi aku mau coba nunggu karena biasanya kan kuping bisa mengeluarkan kotoran atau benda asing sendiri., cerita Zaskia seperti yang dikutip Okezone, Jumat (19/10/2018).

Tapi setelah 3 minggu kok enggak keluar-keluar si semut itu yang sudah mati di dalam indera pendengaran. Akhirnya hari ini diambil dan ternyata penting banget ibu-ibu kita ngecek indera pendengaran enam bulan sekali, apalagi yang punya anak karena kita enggak tahu. Dan semut kalau masih hidup masuk lewat kuping atau manapun bahaya banget bisa nyampe ke otak, lanjut istri Hanung Bramantyo itu.

(Niat Minta Tolong, Foto Wanita Ini Malah Jadi Korban Keisengan Netizen)

(Cobalah Posisi Seks Unicorn, Bisa Bawa Kamu ke Negeri Dongeng)

(5 Gaya Outfit Sri Mulyani yang Asyik, Menteri Favorit Generasi Milenial)

Sementara itu, mengutip Medical News Today, dikatakan serangga seperti semut dapat masuk ke indera pendengaran dan bahkan tinggal selama beberapa waktu. Namun biasanya ketika ada semut masuk ke indera pendengaran, hewan kecil tersebut langsung mati. Tapi tidak menutup kemungkinan semut akan tetap hidup dan terus bergerak. Hal inilah yang biasanya menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Dalam banyak kasus, semut yang masuk ke indera pendengaran tidak menyebabkan masalah yang signifikan. Hanya saja tetap mendapat perhatian khusus karena terkadang dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi, peradangan, atau bahkan pecah gendang indera pendengaran. Kondisi ini dikarenakan semut yang masih hidup masih dapat terus menyengat dan membuat ukiran di dalam indera pendengaran.

Beruntung ada cara pencegahan yang bisa dilakukan oleh orangtua agar indera pendengaran anak tetap aman. Pertama, bila semut masih hidup, cobalah teteskan minyak zaitun atau minyak sayur ke indera pendengaran karena bisa membuatnya mati. Kemudian apabila semut sudah mati miringkan kepala dan goyangkan kepala. Hindari penggunaan pinset, penyeka berujung kapas, atau benda lain ke indera pendengaran karena dapat mendorong semut masuk lebih jauh ke arah gendang indera pendengaran sehingga berpotensi menyebabkan cedera dan kehilangan pendengaran.

Tak sedikit kasus yang menunjukkan komplikasi terjadi lebih parah karena orang berusaha memasukkan benda asing ke telinganya ketika ingin mengeluarkan semut. Di sisi lain, apabila semut tak kunjung keluar, segeralah pergi menemui dokter THT seperti yang dilakukan Zaskia. Begitu juga dengan anak yang mempunyai masalah infeksi indera pendengaran, harus langsung ditangani dokter dibanding menunggu semut keluar sendiri.

(ndr)

Comments