Teleskop Ruang Angkasa Rusia Tak Merespon, Padahal Cuma Satu-satunya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Teleskop Ruang Angkasa Rusia Tak Merespon, Padahal Cuma Satu-satunya

Teleskop Ruang Angkasa Rusia Tak Merespon, Padahal Cuma Satu-satunya

KEPONEWS.COM - Teleskop Ruang Angkasa Rusia Tak Merespon, Padahal Cuma Satu-satunya Tak hanya Amerika Serikat yang punya teleskop radio ruang angkasa, Rusia juga punya. Namun sayangnya, satu-satunya teleskop ruang angkasa milik Rusia tak merespon perintah dari Bumi. Teleskop radio ru...

Tak hanya Amerika Serikat yang punya teleskop radio ruang angkasa, Rusia juga punya. Namun sayangnya, satu-satunya teleskop ruang angkasa milik Rusia tak merespon perintah dari Bumi.

Teleskop radio ruang angkasa Rusia, Spektr-R , dilaporkan tidak lagi menanggapi perintah dari Bumi. Hal ini diungkap para pejabat setempat.

Kepala Pusat Antariksa Astro Nikolai Kardashev mengatakan, beberapa sistem komunikasi satelit Spektr-R telah berhenti berfungsi.

Dikutip BBC dari kantor gosip RIA Novosti, satelit Spektr-R masih terus mengirimkan data ilmiah.

Macam-macam satelit dan teleskop luar angkasa. (Wikipedia Commons/NASA)Macam-macam satelit dan teleskop luar angkasa. (Wikipedia Commons/NASA)

Badan Antariksa Rusia Roskosmos mengungkapkan bahwa teleskop ini telah beroperasi jauh melampaui perkiraan umur lima tahun.

"Banyak sekali pihak terkait telah berulang kali mencoba dan gagal memperbaiki koneksi yang hilang," kata Nikolai Kardashev.

Yuri Kovalev, kepala penelitian untuk proyek Spektr-R, mengatakan tautan itu jatuh pada pagi hari 11 Januari (waktu setempat), tetapi dia melihat masih ada harapan.

Teleskop radio ruang angkasa Spektr-RG. (russianspaceweb/Anatoly Zak)Teleskop radio ruang angkasa Spektr-RG. (russianspaceweb/Anatoly Zak)

Teleskop radio ruang angkasa Spektr-R diluncurkan ke luar angkasa pada tahun 2011. Dan sebagai penggantinya ini akan duluncurkan satelit Rusia-Jerman baru, Spektr-RG.

Pengganti teleskop radio ruang angkasa Spektr-R ini dijadwalkan akan diluncurkan tahun 2019. (Dythia Novianty).

Tulisan mengenai teleskop radio ruang angkasa Spektr-R ini sudah dimuar di Suara dengan judul Duh! Satu-satunya Teleskop Ruang Angkasa Rusia Tidak Merespon.

Comments