Teknologi Konektivitas Mobil Ini Hadirkan Banyak Fitur Lewat Gadget, Termasuk Safety Driving!

Otomotif

News / Otomotif

Teknologi Konektivitas Mobil Ini Hadirkan Banyak Fitur Lewat Gadget, Termasuk Safety Driving!

Teknologi Konektivitas Mobil Ini Hadirkan Banyak Fitur Lewat Gadget, Termasuk Safety Driving!

KEPONEWS.COM - Teknologi Konektivitas Mobil Ini Hadirkan Banyak Fitur Lewat Gadget, Termasuk Safety Driving! Kecelakaan dalam berkendara ialah hal yang tidak dapat diprediksi. Dalam waktu yang tidak terduga, bisa saja kecelakaan terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa kita duga sebelumnya. Alhasil, situasi...

Kecelakaan dalam berkendara ialah hal yang tidak dapat diprediksi. Dalam waktu yang tidak terduga, bisa saja kecelakaan terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa kita duga sebelumnya. Alhasil, situasi ini sangatlah berbahaya bahkan bisa saja mengancam nyawa kita.

Kecelakaan lalu lintas di Indonesia terus berada di angka lebih dari 100 ribu kasus per tahunnya. Melansir Katadata, data PT Jasa Raharja (Persero) mencatat bahwa jumlah korban kecelakaan lalu lintas mencapai 78.660 orang sepanjang Januari-September 2021.

Sementara itu, menurut data Kementerian Komunikasi dan Berita (Kemkominfo) mencatatkan bahwa setiap harinya rata-rata 3 orang meninggal dunia karena kecelakaan. Penyebab utamanya, yaitu faktor manusia, faktor kendaraan, sarana dan prasarana lalu lintas, lalu dengan persentase tertinggi, 61 persen, datang dari faktor manusia.

Untuk meminimalisasi risiko terjadinya kecelakaan, penting untuk berkendara dengan hati-hati dan menerapkan safety driving. Ada banyak cara untuk menerapkan safety driving, misalnya dengan tetap menuruti setiap rambu lalu lintas dan tidak melanggarnya secara sengaja.

Namun, di era disrupsi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi juga dapat berperan dalam memaksimalkan keselamatan berkendara. Salah satunya dengan memakai software safety driving yang dapat dipasang pada smartphone.

Software keselamatan berkendara membuat Kamu cepat tanggap dengan kondisi darurat yang terjadi di depan mata. Para pengendara dapat pun dapat ditolong secara cepat oleh pihak berwenang sehingga menghindari kejadian yang lebih menakutkan akan menimpa diri mereka.

Software SOS

Ada banyak jenis software smartphone yang dapat menunjang keselamatan dalam berkendara. Tentunya, hal ini bertujuan untuk membantu menghindari kejadian tak terduga, seperti kecelakaan dan keadaan darurat.

Pengendara perlu memasang software dengan fasilitas SOS pada smartphone yang terkoneksi dengan mobilnya. Software berfitur SOS ini pada umumnya akan memberikan pertolongan pertama bagi pengendara dalam keadaan darurat.

Dalam keadaan darurat tersebut, seperti saat terjadinya collision (tabrakan antar kendaraan) atau kecelakaan lainnya, pengendara dapat menekan tombol SOS baik pada smartphone maupun pada mobil yang sudah terpasang fasilitas SOS tersebut.

Secara cepat dan real-time akan ada notifikasi mengenai keadaan darurat Kamu alami, dan pihak berwenang pun akan segera datang untuk memberikan bantuan.

Software tracker

Software SOS akan semakin lengkap dengan software tracker. Berfungsi untuk memberitahu posisi pengendara yang sedang dalam keadaan darurat, software tracker akan dengan mudah melakukannya.

Dalam menjalankan software tracker ini, pengendara perlu menginstalnya dan menjalankannya dengan GPS (Global Positioning System) untuk dapat memberitahukan posisi dengan tepat.

Nantinya, software tracker yang terpasang pada smartphone akan memberikan berita mengenai letak kendaraan beserta pengendara serta akses untuk mencapai lokasi tersebut.

Software emergency call

Software satu ini berfungsi untuk melakukan panggilan darurat dengan cepat. Software emergency call berfungsi layaknya tombol bantuan yang akan menghubungkan pengendara dengan pihak bantuan medis dan tim respon cepat.

Biasanya, software emergency call bekerja dengan menghubungkan pengendara dengan operator yang akan langsung merespon dengan segera, dan menghubungkannya ke pihak berwenang untuk menangani pengendara maupun mobil yang mengalami kecelakaan atau keadaan darurat.

Adapun, pihak berwenang yang dapat dihubungkan pada software ini merupakan pihak kepolisian, rumah sakit terdekat, hingga authorized services dari merk mobil yang mengalami kecelakaan.

Software emergency call yang terpasang pada smartphone tentunya harus berfungsi 24 jam sehari mengingat tidak ada yang tahu kapan kecelakaan akan terjadi.

Sebagai contoh, pengendara seharusnya mempunyai software berfitur SOS yang akan menghubungkannya ke pihak berwenang saat mobilnya mengalami kerusakan.

Selain itu, penting juga untuk mempunyai software yang dapat menghubungkan pengendara kepada operator yang siap membantu saat sedang kecelakaan. Hal itu tentu dapat membuat pengendara mendapatkan bantuan medis atau bantuan polisi lebih cepat.

Teknologi konektivitas yang terhubung lewat gadget

Ilustrasi menggunakan Hyundai Bluelink.Ilustrasi memakai Hyundai Bluelink. (ISTIMEWA)

Dengan banyak sekali inovasi yang berkembang pada software smartphone, kini sudah ada satu software teknologi konektivitas yang menjangkau banyak fungsi dan bisa diakses dengan mudah lewat smartphone, termasuk fungsi keamanan berkendara. Salah satunya ialah Hyundai Bluelink.

Melansir Kompas, Hyundai Bluelink merupakan platform berteknologi Artificial Intelligence (AI) yang menghubungkan mobil dengan pemilik melalui smartphone. Platform connected car service ini dibuat untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat mengendarai kendaraan pabrikan Hyundai, yang saat ini tersedia di Hyundai CRETA.

Layaknya software SOS, tracker, dan emergency call dalam satu genggam, Hyundai Bluelink muncul dengan ketiga fasilitas tersebut.

Software keluaran dari Hyundai ini memberikan banyak sekali fungsi seperti keselamatan, memantau kesehatan kendaraan, keadaan gawat darurat, dan kenyamanan untuk menunjang keamanan dan keselamatan dari pengendara.

Hyundai Bluelink mempunyai banyak sekali fasilitas yang dapat menunjang semua hal tersebut dalam satu software, yaitu:

1) ACN (Auto Collision Notification)

Berfungsi secara otomatis, fasilitas ACN akan langsung bekerja saat terjadi kecelakaan. Bersamaan dengan mengembangnya airbag pada bagian dalam mobil, sinyal ACN akan secara otomatis dikirimkan ke Hyundai Bluelink call center.

Sesaat setelah mendapatkan sinyal yang dikirim oleh kendaraan, operator Bluelink call center akan menghubungi pengendara melalui mic dan speaker yang terpasang di dalam kendaraan Hyundai pengendara. Operator akan memastikan keadaan Kamu lalu menghubungi polisi atau medis terdekat untuk membantu Kamu.

2) SOS/Emergency Assistance

Fungsi SOS atau emergency assistance pada Hyundai Bluelink dapat diakses oleh pengendara dengan menekan tombol SOS yang terletak di overhead console di dalam mobil atau pada software Hyundai Bluelink pada smartphone mereka. Sesaat setelah ditekan, Hyundai Bluelink call center akan menghubungi dan mengirimkan bantuan yang dibutuhkan ke lokasi kendaraan dan pengendara.

3) RSA (Road Side Assistance)

Fasilitas satu ini akan membantu pengendara saat mengalami masalah teknis kendaraan di tengah perjalanan. Dengan menekan tombol Bluelink di overhead console atau di software Hyundai Bluelink, Hyundai Service Center terdekat akan langsung meluncur atau mengirimkan mobil derek untuk menangani masalah seperti mogok dan lainnya.

4) Stolen Vehicle Features

Fasilitas pertama yang bekerja sebagai fasilitas anti maling merupakan stolen vehicle notification. Saat seseorang membuka paksa mobil, pemilik akan mendapatkan notifikasi melalui software Bluelink di smartphone secara seamless. Dengan begitu, pengendara akan sadar dengan cepat untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Setelah itu, fasilitas anti maling stolen vehicle tracking akan langsung menghubungi Hyundai Bluelink call center untuk membantu melacak mobil dengan memberikan berita lokasi dan rute menuju mobil tersebut.

Terakhir, stolen vehicle immobilization akan aktif untuk mematikan mesin mobil dan membekukannya agar pencuri tidak dapat menyalakannya. Fasilitas ini dapat diakses melalui software Hyundai Bluelink pada smartphone yang akan langsung dihubungkan dengan call center.

Software Hyundai Bluelink dapat Kamu nikmati dengan menghubungkannya ke Hyundai CRETA.

Hyundai Bluelink.Hyundai Bluelink. (ww.hyundai.com)

Muncul sebagai SUV andalan untuk keluarga, Hyundai CRETA didesain untuk melaju di jalanan dengan nyaman dan aman, serta tentunya dengan teknologi konektivitas Hyundai Bluelink yang dimilikinya Kamu dapat terhubung dengan call center Hyundai 7 x 24 jam saat terjadi kondisi darurat.

Kamu dapat langsung mendapatkan bantuan dengan segera melalui software Hyundai Bluelink di smartphone Kamu. Secara seamless, menikmati juga fasilitas keamanan dan keselamatan berkendara dalam berkendara dengan Hyundai CRETA bersama built in Hyundai Bluelink All in One Apps.

Tak cuma fasilitas keselamatan berkendara, Kamu juga dapat menikmati banyak sekali fasilitas canggih lainnya untuk kenyamanan berkendara, seperti Remote Engine Start/Stop, Remote Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan Find my Car.

Segera nikmati kenyamanan dan keamanan berkendara dengan canggihnya teknologi software Hyundai Bluelink bersama Hyundai CRETA.

Untuk berita lebih lanjut mengenai Hyundai Bluelink dan Hyundai CRETA, Kamu dapat mengakses link berikut ini.

Penulis: Muh. Fitrah Habibullah | Editor: Firda Fitri Yanda

Comments