Teknologi ini bisa percepat WiFi 300 kali lebih ngebut

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Teknologi ini bisa percepat WiFi 300 kali lebih ngebut

Teknologi ini bisa percepat WiFi 300 kali lebih ngebut

KEPONEWS.COM - Teknologi ini bisa percepat WiFi 300 kali lebih ngebut Akses internet sangat penting di era modern ini. Banyak urusan sosial, perdagangan bahkan percakapan pribadi yang dilakukan secara online. Melihat banyak sekali kebutuhan yang tersedia secara online,...
Loading...

Akses internet sangat penting di era modern ini. Banyak urusan sosial, perdagangan bahkan percakapan pribadi yang dilakukan secara online.

Melihat banyak sekali kebutuhan yang tersedia secara online, maka perlu sekali penunjang berupa akses WiFi yang kencang. namun seringkali, WiFi sangat lemot sehingga aktivitas terhambat.

Nah, tapi kamu tak perlu khawatir. Kini sudah ada teknologi yang bikin WiFi jadi kencang. Dilansir dari Kamis (2/5), peneliti di Belanda mengembangkan teknologi alternatif WiFi, adalah memakai sinar cahaya individual.

Setelah melakukan sejumlah pengujian, peneliti menemukan bahwa kecepatan WiFi dengan memakai sinar cahaya individual justru lebih kencang 300 kali lipat dibandingkan WiFi pada umumnya, adalah mencapai 112 gigabit.

Agar lebih jelas, perbandingannya begini, jikalau kita mempunyai data sebesar 5GB atau sekitar 40 Gigabit di DVD, kita dapat mentransfer data dari tiga DVD dalam waktu satu detik saja. Sinar ini menjadi saluran pengantar berita dengan kecepatan sangat tinggi.

Keunggulan lainnya merupakan teknologi ini lebih murah dan aman. Karena sinar cahaya fokus di satu orang, celah untuk meretas jaringan internet sangat kecil.

Namun, teknologi ini belum tepat. Pasalnya ketika ingin memindahkan perangkat, kita perlu mengirim gelombang lain untuk mencapai perangkat tersebut. Para peneliti menargetkan teknologi ini bisa berkembang lebih luas dalam lima tahun ke depan.

Tidak hanya dengan sinyal individual, Mahasiswa PhD di Belanda menciptakan terobosan teknologi WiFi canggih dengan sinar infrared (inframerah). Dengan memakai infrared, koneksi WiFi tersebut diklaim dapat berjalan lebih cepat dari yang biasanya.

Dilansir pulai dari Engadget, WiFi buatan mahasiswa Eindhoven University of Technology ini bisa berjalan dalam kecepatan 40 gigabit per detik dalam cakupan sinar infrared. Bahkan, WiFi berbasis infrared juga bisa digunakan sejumlah perangkat berat, seperti laptop dan komputer.

Tim pengembang teknologi WiFi berbasis infrared telah menguji kecepatan unduh dan unggah. Hasilnya cukup menakjubkan. Namun, uji coba masih dilakukan dalam jarak dekat.

Recommended By Editor
Loading...
Teknologi ini bisa percepat WiFi 300 kali lebih ngebut
Loading...

Comments