Tasikmalaya Siap Nikmati Aplikasi Donor Darah

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tasikmalaya Siap Nikmati Aplikasi Donor Darah

Tasikmalaya Siap Nikmati Aplikasi Donor Darah

KEPONEWS.COM - Tasikmalaya Siap Nikmati Aplikasi Donor Darah KEBUTUHAN akan darah yang tinggi di masyarakat, tidak berbanding lurus dengan jumlah pendonor darah, tentu akan jadi masalah pada kasus medis yang membutuhkan transfusi darah. Berlandaskan hal tersebu...

KEBUTUHAN akan darah yang tinggi di masyarakat, tidak berbanding lurus dengan jumlah pendonor darah, tentu akan jadi masalah pada kasus medis yang membutuhkan transfusi darah. Berlandaskan hal tersebut, digagaslah software donor darah.

Give Blood Community bekerjasama dengan Lakpesdam PC NU Kota Tasikmalaya menggelar Tadarus Teknologi, dengan tema Menciptakan Inklusi Social Impact Melalui Inovasi Teknologi Berita. Bertempat di Kantor Lakpesdam, Jl. Situ Gede No.51 Selaawi Tasikmalaya, Sabtu (18/05/2019). Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong inovasi digital seperti software donor darah 'Give Blood App" bagi kalangan muda di Tasikmalaya.

Salah satu pengurus Give Blood Community, Zulkarnain Lubis dalam pemaparannya mengatakan, anak muda di tahun 1990-an berlomba untuk mereformasi birokrasi, sedangkan anak muda ditahun sekarang lebih banyak berkontribusi dalam bidang Teknologi Berita.

"Konsep awal Give Blood ini merupakan mempertemukan antara pencari darah dengan pendonor darah. Kami berharap, dengan adanya software ini bisa menjawab kebutuhan darah yang cukup tinggi dibanyak daerah di Indonesia. Saat ini software ini mulai efektif di beberapa kota besar, seperti Jakarta dan Bogor. Harapannya software ini juga bisa menyebar sampai ke daerah-daerah", ujar Zulkarnain.

Give Blood lahir karena kami melihat permasalahan, ia lahir karena kebutuhan. Orang mendonorkan darah dengan sukarela melalui PMI, kami memilki ide bahwa, biasanya yang kita ajak merupakan pihak/komunitas yang selalu donor darah ke PMI. Tapi darah kita itu belum pernah tahu didonorkan kepada siapa? Kami ingin mengajak 3 stakeholder sekligus, yaitu PMI, orang yang membutuhkan darah dan pendonor darah untik menjadi bagian penting dalam pengembangan system donor darah berbasis software. Dengan software pendonor darah akan tahu darahnya didonorkan kepada siapa.

"Melalui system seperti itu, kami sebetulnya sedang memperkuat nilai-nilai empati dan kemanusiaan antara orang yang mendonorkan darah dan pendonor.

Software Give Blood sendiri didirikan oleh 5 orang saja, awalnya sempat pesimistis software ini akan berhasil, karena kita hanya berangkat dari ide, dan tanpa modal yang besar. Didirikan dari tahun 2017, launching 2018 dan mulai efektif tahun 2019.

Sementara itu, Sekretaris Lakpesdam PCNU Kota Tasikmalaya, Ajat Sudrajat mengatakan, Lakpesdam focus dalam penguatan sumber daya masyarakat berbasis komunitas dengan memakai pendekatan inklusi sosial.

"Give Blood Community menjadi salah satu mitra kami yanf konsen dalam gerakan donor darah, yang berhasil mengembangkan Social Start-Up yang memungkinkan masyarakat untuk menemukan pendonor darah berbasis Android", kata Ajat.

Ajat mengungkapkan, jumlah kebutuhan darah di Tasikmalaya cukup tinggi, banyak sekali permintaan darah berseliweran dimedia sosial seperti Facebook dan WhatsApp.

"Banyak kejadian darah kosong di PMI, sehingga software ini bisa menjadi solusi untuk membantu ketersediaan darah di Tasikmlaya", harapnya.

Kegiatan sosialisasi software donor darah ini diikuti oleh para mahasiswa, aktivis, pegiat IT, Komunitas Sahabat Anak, Forum Bhinneka Tunggal Ika dan JAI

(dno)

Comments