Tarif Tol Tetap Sama meski GT Cikarang Utama Dibongkar

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Tarif Tol Tetap Sama meski GT Cikarang Utama Dibongkar

Tarif Tol Tetap Sama meski GT Cikarang Utama Dibongkar

KEPONEWS.COM - Tarif Tol Tetap Sama meski GT Cikarang Utama Dibongkar JAKARTA - Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama saat ini tengah dalam proses pembongkaran. Sebagai gantinya, ada dua GT yang akan menjadi tempat pembayaran di Cikampek dan Dawuan. Kepala Bidang Operasi da...
Loading...

JAKARTA - Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama saat ini tengah dalam proses pembongkaran. Sebagai gantinya, ada dua GT yang akan menjadi tempat pembayaran di Cikampek dan Dawuan.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ranto Parlindungan Rajagukguk mengatakan, meskipun ada relokasi, namun biaya yang dibayarkan tetap sama. Artinya, bila pengendara masuk dari GT Cikarang Utama menuju GT Cileunyi maka membayar uang sekitar Rp55.500. Sedangkan menuju Tol Cikopo Palimanan (Cipali) sekitar Rp102.000.

"Biayanya sama tidak ada yang berubah," ujarnya di Kantor BPJT, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Ranto menambahkan, pembongkaran GT Cikarang Utama itu sendiri bertujuan untuk memecah kepadatan kendaraan. Karena selama ini , kepadatan selalu terjadi di GT Cikarang Utama.

Pembongkaran Gerbang Tol Cikarang Utama Baru 35%

Sistem transaksi pembayaran pada Jalan Tol Jakarta - Cikampek saat ini terdiri dari dua jenis transaksi. Sistem transaksi terbuka pada ruas Jakarta - Cikarang Barat dan transaksi tertutup pada ruas Cikarang Barat - Cikampek yang dilakukan pada GT Cikarang Utama, sehingga menimbulkan antrian panjang di gerbang tol.

Bagi pengguna Jalan Tol cluster 1 (Jakarta - Cikampek, Cikampek - Palimanan, Cikampek - Purwakarta - Padalarang, Padalarang - Cileunyi, Soreang - Pasir Koja) menuju ke arah Selatan (Bandung) maupun ke arah Timur (Palimanan) juga melakukan antrian saat transaksi pembayaran di GT Cikarang Utama.

Untuk sistem transaksi pembayaran tol Jakarta - Cikampek akan mengalami perubahan dari yang sebelumnya memakai dua jenis sistem transaksi terbuka dan tertutup menjadi sistem transaksi terbuka keseluruhan. Sehingga dilakukan pemindahan GT Cikampek Utama ke GT Cikampek Utama GT Kalihurip Utama dengan rincian jumlah masing-masing gardu sebanyak 15 gardu masuk dan 15 gardu keluar.

Nantinya, relokasi yang dilakukan GT Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama di KM 70 ini memberikan manfaat penting dalam menyokong kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang melintas pada Jalan Tol Jakarta - Cikampek setiap harinya. Relokasi GT Cikampek Utama direncanakan mulai beroperasi pada saat arus mudik hingga arus balik Lebaran 2019 yang bertepatan pada bulan Juni 2019 mendatang.

Daftar Tol yang Siap Digunakan saat Mudik Lebaran

Saat ini sendiri progres relokasi mencapai 35%. Diharapkan pada mudik Lebaran nanti sudah bisa difungsikan.

"Saat ini progresnya untuk pemindahan 35%. Namun direncanakan untuk Lebaran nanti gerbang tol sudah bisa difungsikan," ucapnya.

(fbn)

Loading...

Comments