Tanya Dokter: Dok, Bagaimana Membedakan Serangan Jantung dan Asam Lambung?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tanya Dokter: Dok, Bagaimana Membedakan Serangan Jantung dan Asam Lambung?

Tanya Dokter: Dok, Bagaimana Membedakan Serangan Jantung dan Asam Lambung?

KEPONEWS.COM - Tanya Dokter: Dok, Bagaimana Membedakan Serangan Jantung dan Asam Lambung? Tidak bisa dipungkiri masih banyak masyarakat yang belum benar-benar paham terkait serangan jantung. Jikalau mengalami nyeri dada, beberapa masyarakat menyebutkan kalau kondisi tersebut merupakan angi...

Tidak bisa dipungkiri masih banyak masyarakat yang belum benar-benar paham terkait serangan jantung. Jikalau mengalami nyeri dada, beberapa masyarakat menyebutkan kalau kondisi tersebut merupakan angin duduk atau asam lambung. Yuk tanya dokter kebenarannya!

Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Hasril Hadis, Sp.JP(K), FIHA mengatakan, masyarakat harus lebih banyak mengetahui gejala yang ditimbulkan dari serangan jantung. Untuk beberapa gejala serangan jantung sendiri terdiri dari banyak sekali hal mulai dari nyeri pada dada, rahang, dan beberapa masalah lainnya.

"Biasanya seseorang yang mengalami serangan jantung juga mengalami beberapa gejala yang dirasakan terlebih dahulu mulai dari nyeri dada,.sesak napas, pucat, keringat dingin, bahkan kondisi tidak sadar gitu," ungkap dr. Hasril pada media gathering di RS Premier Jatinegara, Kamis (29/9/2022).

Ilustrasi perempuan mengalami nyeri dada. (Shutterstock)Ilustrasi Tanya Dokter: perempuan mengalami nyeri dada, karena serangan jantung atau asam lambung? (Shutterstock)

Meski demikian gejala yang diberikan juga mirip dengan asam lambung. Lantas bagaimana cara membedakan serangan jantung dan asam lambung atau GERD? Simak ulasan tanya dokter berikut.

Serangan Jantung Jadi Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia: Ketahui Faktor, Gejala, dan Pertolongan Pertamanya

Dok karena gejalanya mirip bagaimana cara membedakan serangan jantung dan asam lambung (GERD)?

Pada dasarnya orang yang asam lambung juga suka menimbulkan rasa nyeri di dada. Tapi ini kita bisa lihat dari umurnya. Kalau misal masih 20 terus sakit dada bilang serangan jantung ya biasanya itu cuma asam lambung. Tapi mungkin memang bisa saja. Oleh karena itu, kalau ada sakit dada bisa periksa ke dokter untuk memastikan lebih lanjut.

Kalau serangan jantung biasanya nyeri dadanya yang dirasakan seperti apa Dok?

Biasanya serangan jantung nyeri dadanya khas di bagian belakang tulang dada sebelah kiri. Mereka juga merasakan rasa sakit seperti ditindih, ditekan benda berat, ditusuk, diremas, rasa terbakar, dan tercekik. Biasanya rasa sakit juga menjalar ke leher, rahang, lengan, bahu, dan adanya kesulitan untuk bernapas. Tapi ini juga terkadang muncul mendadak begitu saja jadi emang harus waspada risikonya.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan medical check up?

Tanya Dokter: Air Minum yang Baik Untuk Anak Seperti Apa, Dok?

Sebenarnya kondisi check up bisa dimulai semenjak usia 35 tahun. Tapi kalau semenjak muda sudah dilakukan lebih bagus untuk pencegahan. Jadi kalau memang ada indikasi masalah pada jantung bisa segera ditangani lebih awal.

Benarkah laki-laki lebih rentan mengalami serangan jantung dibandingkan perempuan dan apa sebabnya?

Benar, laki-laki memang lebih rentan mengalami serangan jantung. Hal ini karena perempuan punya sistem protektif atau hormon di dalam tubuhnya sehingga lebih bisa mencegah alami serangan jantung. Namun, biasanya kondisi serangan jantung pada perempuan dialami saat usianya sudah dewasa dan risikonya besar. Tapi bukan berarti saat muda perempuan enggak bisa kena. Tetap bisa, hanya saja memang lebih banyak pada laki-laki.

Lalu apa yang harus dilakukan jikalau ada seseorang yang mengalami serangan jantung?

Untuk yang bukan dokter bisa kenali gejala awal serangan jantung. Terus bisa kasih juga obat namanya ISDN 5 mg yang biasa diletakkan di bawah lidah. Beri juga bantuan hidup dasar kalau tidak ada detak jantungnya. Kalau biar lebih aman lagi bisa cari pertolongan medis terdekat. Ingat kalau semakin cepat lebih baik.

*Punya pertanyaan seputar kesehatan, diet, hingga urusan ranjang? Suara.com bisa membantu Kamu menemukan jawabannya. Tulis pertanyaan Kamu di kolom komentar, untuk bisa dijawab oleh pakar.*

Comments