Tanya Dokter: Benar kah Akupuntur Bermanfaat Dok?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tanya Dokter: Benar kah Akupuntur Bermanfaat Dok?

Tanya Dokter: Benar kah Akupuntur Bermanfaat Dok?

KEPONEWS.COM - Tanya Dokter: Benar kah Akupuntur Bermanfaat Dok? Akupuntur dikenal sebagai pengobatan tradisional dari China. Seiring waktu pengobatan itu telah terkenal diseluruh dunia, termasuk di Indonesia, bahkan telah menjadi salah satu program studi di sejuml...

Akupuntur dikenal sebagai pengobatan tradisional dari China. Seiring waktu pengobatan itu telah terkenal diseluruh dunia, termasuk di Indonesia, bahkan telah menjadi salah satu program studi di sejumlah Fakultas Kedokteran.

Namun, mungkin belum banyak yang tahu bahwa akupuntur telah menjadi pengobatan medis yang juga ada di klinik maupun rumah sakit. Pada Tanya Dokter kali ini, Dokter spesialis akupuntur Prinsa Raudha Sp.AK., memaparkan kepada suara.com perihal apa itu terapi akupuntur serta manfaatnya untuk kesehatan.

Pengobatan akupuntur seperti apa, dok?

Ilustrasi jarum akupuntur. (Sumber: Shutterstock)Ilustrasi jarum akupuntur. (Sumber: Shutterstock)

Basic-nya di adaptasi dari kedokteran China. Masuk ke Indonesia dan klinik diintegrasikan ke pengobatan barat dan dibuat jadi akupuntur medik. Jadi sudah berdasarkan bukti penelitian. Akupuntur merupakan tindakan medik yang memakai pakai jarum kecil, lebih kecil dari jarum pentul bahkan juga lebih kecil dari jarum vaksin. Itu dimasukan ke kulit, tujuannya untuk merangsang serabut saraf sampai ke otak.

Terapi Akupuntur Bisa Kurangi Migrain Parah

Apa manfaat akupuntur bagi kesehatan, dok?

Tujuannya untuk kecantikan bisa. Mekanismenya, jarum akan masuk kejaringan kulit, masuk ke elastin, jadi menambah kekenyalan kulit. Jarum akan berikan sinyal ke otak untuk beri tahu zat kimia apa yang kurang di area tubuh tersebut.

Bisa juga untuk memblok nyeri. Paling sering keluhan pasien biasanya nyeri punggung dan pinggang. Juga bisa banget untuk atasi sakit mag dan mugran. Itu banyak penelitiannya untuk migran dan mag dengan mengurangi asam lambung dibantu dengan akupuntur.

Salah satu yang sedang tren sekarang juga untuk menurunkan berat badan. Studi telah membuktikan kalau akupuntur bisa meregulasi lipid lebih baik. Jadi bisa meregulasi lemak dan menekan nafsu makan. Tapi tentu itu juga perlu kolaborasi dengan ahli gizi.

Akupuntur selain pengobatan juga bisa untuk pemeliharaan. Fungsinya bisa mengoptimalkan daya tahan tubuh. Kalau datang ingin badan lebih sehat, kita beri vitamin saja dengan akupuntur.

Sering Migrain, Pengobatan dengan Akupuntur Perlu Dicoba, Ini Penjelasan Dokter

Mulai usia berapa terapi akupuntur boleh dilakukan?

Comments