Tanpa modal, mahasiswa UGM ini sukses kelola tiga usaha kuliner

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Tanpa modal, mahasiswa UGM ini sukses kelola tiga usaha kuliner

Tanpa modal, mahasiswa UGM ini sukses kelola tiga usaha kuliner

KEPONEWS.COM - Tanpa modal, mahasiswa UGM ini sukses kelola tiga usaha kuliner Berstatus sebagai mahasiswa, tak lantas membuat Ahmad Musyaddad setengah-setengah terjun di dunia usaha. Di usianya yang masih muda, 23 tahun, mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) ini sukses mengelo...

Berstatus sebagai mahasiswa, tak lantas membuat Ahmad Musyaddad setengah-setengah terjun di dunia usaha. Di usianya yang masih muda, 23 tahun, mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) ini sukses mengelola tiga usaha masakan.

Ahmad telah memiliki tiga usaha masakan. Yakni Bakpia Lumer, Makaroni Rawe, dan yang lagi hits ialah Bandeng Rawe. Ia menjalankan usahanya di tengah kesibukannya menjalani perkuliahan di fakultas filsafat serta aktivitasnya di pesantren.

Salah satu produk andalannya, Bandeng Rawe, yang menjadi makanan olahan bandeng dengan kemasan kaleng pertama di Indonesia. Bandeng Rawe sebenarnya khas Tuban. Produk ini memiliki total tiga varian rasa yakni mercon, lombok kakak, dan lombok ijo.

Nama Bandeng Rawe sendiri muncul karena ia melihat adanya tren munculnya produk-produk khas daerah. Rawe sendiri merujuk pada tokoh idola masyarakat Tuban yakni Ronggolawe.

Berkat usaha kerasnya, Bandeng Rawe kini di jual di toko oleh-oleh di daerah Jogja dan Tuban. Produknya ini juga sudah menembus gerai Carrefur semenjak satu tahun terakhir.

Lalu bagaimana ia memulai bisnisnya? Ahmad menuturkan ia tak bermodal uang sepeserpun. Namun ia mempunyai modal ide yang kemudian didanai oleh investor.

Kepada, Ahmad menyebarkan tips sukses usaha. "Mualailah berusaha di usia sedini mungkin. Tips kedua berkaryalah, dan ketiga dalam berproses wirausaha, berkolaborasilah dengan orang yang lebih berpengalaman di bidang yang anda tekuni tersebut," katanya.

Berkat ketekunannya, kini Ahmad tak hanya sukses di bidang usaha masakan. Ia juga kerap diundang sebagai narasumber untuk mengisi pelatihan dalam kelompok UKM (Usaha Kecil Menengah). Bagaimana dengan kalian guys, siap jadi pengusaha muda?

Kontributor: Kurnia Putri Utomo

(nng)

Tanpa modal, mahasiswa UGM ini sukses kelola tiga usaha kuliner

Comments