Tank Damkar dari Rusia Ini Dianggap Mampu atasi Karhutla di Indonesia: Begini Kemampuannya

Otomotif

News / Otomotif

Tank Damkar dari Rusia Ini Dianggap Mampu atasi Karhutla di Indonesia: Begini Kemampuannya

Tank Damkar dari Rusia Ini Dianggap Mampu atasi Karhutla di Indonesia: Begini Kemampuannya

KEPONEWS.COM - Tank Damkar dari Rusia Ini Dianggap Mampu atasi Karhutla di Indonesia: Begini Kemampuannya JAKARTA - Tank pemadam kebakaran buatan Muromteplovoz asal Rusia, MT-LBu-GPM-10 dianggap bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di wilayah Indonesia. "Tank ini di desain khusus u...

JAKARTA - Tank pemadam kebakaran buatan Muromteplovoz asal Rusia, MT-LBu-GPM-10 dianggap bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di wilayah Indonesia.

"Tank ini di desain khusus untuk kebakaran hutan dan bisa melewati dengan kondisi hutan di Indonesia yang lebih banyak lahan gambut," kata Direktur PT Sena Sanjaya Makmur Sejahtera, Sena Sanjaya Tanata Kusuma saat uji coba kendaraan lapis baja itu di Daerah Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Tank Muromteplovoz asal Rusia, MT-LBu-GPM-10 Ujicoba Tank pemadam kebakaran buatan Muromteplovoz asal Rusia, MT-LBu-GPM-10 di Daerah Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Jakarta, Rabu (24/7/2019). Tank ini di desain khusus untuk kebakaran hutan dan bisa melewati dengan kondisi hutan di Indonesia yang lebih banyak lahan gambut.

Dalam uji coba itu, tim dari PT Sena Sanjaya Makmur Sejahtera yang dibantu PT Pindad dan Muromteplovoz mengetes ketahanan kendaraan tempur lapis baja itu dalam kobaran api yang sangat besar.

Meski memakan waktu sekitar 30 menit, namun secara garis besar kobaran api bisa dipadamkan secara baik.

Inovasi terbaru ini merupakan hasil kolaborasi PT Sena Sanjaya Makmur Sejahtera dengan dua mitra strategisnya, adalah PT Pindad untuk produksi di Indonesia, dan Muromteplovoz sebagai pabrikan dari Rusia yang akan transfer teknologinya.

"Rencananya nanti kita produksi bersama dengan PT Pindad. Kita produksi di Indonesia dengan tranfer teknologi (ToT) dengan tujuan membangun industri pertahanan di dalam negeri," ucapnya.

Tank Damkar diklaim bisa menerobos hingga ke titik pusat kebakaran, seperti di lahan gambut atau hutan. Tank Damkar ini juga bisa menyuntik air ke dalam tanah yang kering untuk membantu memadamkan api.

Tank Muromteplovoz asal Rusia, MT-LBu-GPM-10 2 Ujicoba Tank pemadam kebakaran buatan Muromteplovoz asal Rusia, MT-LBu-GPM-10 di Daerah Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Jakarta, Rabu (24/7/2019). Tank ini di desain khusus untuk kebakaran hutan dan bisa melewati dengan kondisi hutan di Indonesia yang lebih banyak lahan gambut.

Sena Sanjaya memaparkan pihaknya berinisiatif memberikan solusi kepada pemerintah soal kebakaran hutan dengan menghadirkan tank campur tangan teknologi Rusia tersebut. Solusi ini diharapkan bisa menekan angka kebakaran hutan di tanah air.

"Kami siap membantu pemerintah dalam mengatasi kebakaran hutan dan kita akan ditindaklanjuti dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," katanya.

Tank Damkar ini mempunyai kemampuan amphibioius atau mengapung di atas air. Tank ini dirancang hingga bisa beroperasi di titik kebakaran yang dahsyat.

Comments