Tangkal Terorisme, Menlu Retno Hadiri Pertemuan Trilateral

Internasional

News / Internasional

Tangkal Terorisme, Menlu Retno Hadiri Pertemuan Trilateral

Tangkal Terorisme, Menlu Retno Hadiri Pertemuan Trilateral

KEPONEWS.COM - Tangkal Terorisme, Menlu Retno Hadiri Pertemuan Trilateral MANILA Filipina, Indonesia, Malaysia sepakat untuk bekerjasama demi menangkal pergerakan hingga pendanaan terorisme di sepanjang perbatasan ketiga negara. Kesepakatan ini dinyatakan di pertemuan tril...
Loading...

MANILA Filipina, Indonesia, Malaysia sepakat untuk bekerjasama demi menangkal pergerakan hingga pendanaan terorisme di sepanjang perbatasan ketiga negara. Kesepakatan ini dinyatakan di pertemuan trilateral yang dihadiri Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi di Manila, Filipina.

"Permasalahan keamanan di sub-kawasan merupakan tanggung jawab bersama, tutur Menlu Retno di pertemuan Trilateral bersama Menlu Filipina dan Menlu Malaysia, sebagaimana dilansir dari rilis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Okezone, Jumat (23/6/2017).

BERITA REKOMENDASI

Pertemuan yang dicetuskan oleh Indonesia tersebut bertujuan untuk membahas perkembangan situasi pasca-gempuran kelompok teroris di Marawi serta untuk menyepakati upaya kolektif ketiga negara dalam menanggulangi terorisme di daerah.

Dalam pertemuan tersebut para Menlu didampingi oleh panglima angkatan bersenjata, kepala kepolisian serta kepala lembaga penanggulangan terorisme dari masing-masing negara. Ikut serta bersama Menlu Retno ialah Panglima TNI, Gatot Nurmantyo, Kepala Kepolisian RI, Tito Karnavian dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Suhardi Alius.

Pertemuan ini diadakan setelah Presiden Joko Widodo dan Presiden Rodrigo Duterte mengadakan dialog melalui sambungan telefon pada Rabu 21 Juni 2017. Kedua kepala negara juga menegaskan kembali untuk mengintensifkan kerjasama dalam memerangi terorisme serta ekstremisme.

Inquirer mewartakan, juru bicara Kepresidenan Filipina, Ernesto Abella memberikan bahwa sambungan telefon tersebut produktif dan bermanfaat. Abella menambahkan, Presiden Jokowi menyatakan komitmen Indonesia untuk memerang terorisme serta membantu mengembalikan situasi tenang ke Mindanao.

Tangkal Terorisme, Menlu Retno Hadiri Pertemuan Trilateral
Loading...

Comments