Tanduk Tumbuh di Kepala Pria 74 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Tanduk Tumbuh di Kepala Pria 74 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya

Tanduk Tumbuh di Kepala Pria 74 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya

KEPONEWS.COM - Tanduk Tumbuh di Kepala Pria 74 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya Tanduk tumbuh di kepala pria ini. (YouTube/ Churulazhiyatha Rahasyangal ) Shyam Lal Yadav, seorang pria asal India mengalami kondisi langka. Tepat di tengah kepalanya, tumbuh sebuah tanduk yang tak b...

Tanduk tumbuh di kepala pria ini. (YouTube/ Churulazhiyatha Rahasyangal )

Shyam Lal Yadav, seorang pria asal India mengalami kondisi langka. Tepat di tengah kepalanya, tumbuh sebuah tanduk yang tak biasa.

Sebuah tanduk kulit atau Cutaneous horns (CH) tumbuh menjulang tinggi di atas kepala pria India ini.

Kondisi ini terjadi karena penumpukan keratin, protein yang membentuk rambut, kulit dan kuku. CH lebih umum terjadi pada orang tua, umumnya memengaruhi usia 60 - 70 tahun.

Menurut pada ahli kulit, kondisi ini, yang bersifat kanker, juga cenderung terjadi pada orang yang mempunyai kulit terang.

Inilah yang menyebabkan lelaki dari desa Rahli di Madhya Pradesh ini mempunyai tanduk setinggi 10 sentimeter di tengah kepalanya.

Yadav mengaku pernah mengalami cedera kepada pada 2014 silam. Rupanya, inilah awal dari pembentukan tanduk yang semakin ke sini semakin tumbuh tersebut.

Dulu, ia sering memotong tanduk tersebut di tukang cukur. Namun, pertumbuhannya justru semakin proaktif hingga harus ditangani tim medis.

Tanduk tumbuh di kepala lelaki asal India (YouTube/ Churulazhiyatha Rahasyangal )Tanduk tumbuh di kepala lelaki asal India (YouTube/ Churulazhiyatha Rahasyangal )

Akhirnya pria India yang berprofesi sebagai petani ini menjalani operasi pemotongan tanduk di Rumah Sakit Tirth Bhagyoday di Kota Sagar.

"Sekitar lima tahun yang lalu pasien melukai kepalanya dan kemudian benjolan mulai tumbuh. Karena tanduk terdiri dari keratin, tanduk biasanya dihilangkan dengan pisau cukur steril. Tapi kondisi yang mendasarinya perlu diobati," kata dokter bedah yang menangani Yadav, Dr Vishal Gajbhiye.

Petani 74 tahun itu menghabiskan sepuluh hari di rumah sakit untuk pulih dari operasi dan biopsi pertumbuhan memastikan tanduk itu tidak berbahaya.

"Perawatan bervariasi, tetapi dapat terdiri dari pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi," lanjut sang dokter, melansir Daily Mail.

Penyebab pertumbuhan tanduk masih belum diketahui. Meski begitu, diyakini bahwa paparan radiasi atau sinar matahari dapat memicu kondisi tersebut.

Sementara itu, rincian kasus juga telah dikirim ke International Journal of Surgery karena jarangnya jenis pertumbuhan ini.

Beruntung pria India ini segera mendapatkan penanganan medis untuk tanduk di kepalanya. ( Rosiana Chozanah).

Comments