Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting, Ini Artinya Jika Benar Bekas Kerokan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting, Ini Artinya Jika Benar Bekas Kerokan

Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting, Ini Artinya Jika Benar Bekas Kerokan

KEPONEWS.COM - Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting, Ini Artinya Jika Benar Bekas Kerokan Jakarta, Tanda merah di leher pedangdut Ayu Ting Ting memunculkan spekulasi perihal penyebabnya. Jikalau benar karena kerokan, maka sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kerokan d...
Jakarta, Tanda merah di leher pedangdut Ayu Ting Ting memunculkan spekulasi perihal penyebabnya. Jikalau benar karena kerokan, maka sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kerokan di area leher.

Salah satunya terkait riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Menurut dr Prasna Pramita SpPD dari RS Mayapada Lebak Bulus, pasien hipertensi sebaiknya menghindari kerokan di area leher walaupun efeknya memang lebih nyaman.

"Pada semua orang, nggak cuma pasien hipertensi, jangan kerokan di daerah leher. Kalau memang mau, di area punggung aja. Alasannya adalah, di leher itu banyak pembuluh darah," katanya, seperti ditulis detikHealth sebelumnya.

Kata Dokter Soal Kerokan di Leher pada Pasien Hipertensi

Menurutnya, kerokan di area leher berisiko memicu pecahnya pembuluh darah. Efek pecahnya pembuluh darah mungkin memang tidak seketika, tetapi justru efek jangka panjangnya lebih mengkhawatirkan karena dekat dengan otak dan pembuluh darahnya saling terhubung.

Perihal Kerokan, Terapi yang Diduga Merahkan Leher Ayu Ting-ting

Peringatan serupa juga ditujukan pada ibu hamil. Seorang ilmuwan yang pernah meneliti kerokan, Prof Didik Gunawan Tamtomo menyebut, ibu hamil sebaiknya menghindari kerokan di area leher dan perut.

"Kalau di punggung boleh. Karena selain ada efek melancarkan peredaran darah, kerokan juga bisa memberi efek menenangkan," katanya.

Siapa Saja yang Boleh Kerokan? Ini Kata sang Peneliti

Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting, Ini Artinya Jika Benar Bekas KerokanTanda merah bekas kerokan di leher Ayu Ting Ting/Foto: detikHot

Di Indonesia, kerokan dikenal sebagai terapi alternatif yang sangat populer untuk mengatasi masuk angin. Tidak banyak referensi ilmiah perihal terapi yang diduga meninggalkan tanda merah di leher Ayu Ting Ting tersebut, karena istilah masuk angin sendiri tidak dikenal dalam dunia medis.

Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting, Bekas Kerokan?(up/up)

Comments