Tambah 5 Kota, Kominfo Kembali Dukung Gerakan Nasional 1000 Startup

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Tambah 5 Kota, Kominfo Kembali Dukung Gerakan Nasional 1000 Startup

Tambah 5 Kota, Kominfo Kembali Dukung Gerakan Nasional 1000 Startup

KEPONEWS.COM - Tambah 5 Kota, Kominfo Kembali Dukung Gerakan Nasional 1000 Startup JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menyokong gerakan nasional 1000 startup yang diinisiasi oleh KIBAR. Tahun ini program tersebut telah memasuki waktu gelombang ke-4 da...

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menyokong gerakan nasional 1000 startup yang diinisiasi oleh KIBAR. Tahun ini program tersebut telah memasuki waktu gelombang ke-4 dan kembali bertujuan untuk mengembangkan ekosistem startup di Indonesia. Program ini juga merupakan wujud pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia.

"Program ini sudah dari pertengahan tahun 2016. Kami terus melakukan evaluasi dan review, program awal itu ada ignition, workshop, dan booth camp education," kata Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Software Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Press Room Kominfo, Senin (20/5/2019).

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Sammy tersebut juga mengungkapkan kalau gerakan 1000 startup kali ini akan menambah 5 kota lagi. Lima kota tersebut dia ntaranya adalah Batam, Padang, Balikpapan, Lombok, dan Manado.

Untuk diketahui, gerakan nasional 1000 startup ini dilaksanakan di 10 kota adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, dan Makassar. Adapun syarat pemilihan kota ini adalah banyaknya universitas karena cepat terserap dengan potensi-potensi anak mudanya.

"Dalam program ini kita juga mengajak kementerian yang lain. Sambil belanja masalah, apa yang membutuhkan perubahan dan diperbaiki," imbuh Sammy.

Kominfo Kembali Dukung Gerakan Nasional 1000 Startup

Lebih lanjut, Lis Sutijati, Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO dan Ekonomi Digital mengungkapkan jikalau program ini disambut baik dari tahun ke tahun. Bahkan terdapat 48.000 partisipan yang mendaftar hingga tahun ke-4 serta melahirkan 525 startup.

"Dengan program 1000 startup ini di pertengahan tahun 2018 pertumbuhan startup meningkat. Digital ekonomi di Indonesia juga diklaim mempunyai perkembangan tercepat," kata dia.

Untuk mengikuti program yang didukung Kominfo ini masyarakat bisa mendaftar melalui 1000startupdigital.id. Adapun tahapan-tahapan yang akan dilalui peserta adalah Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, dan Incubation. Kegiatan akan berlangsung mulai 22 Juni 2019.

4 Smartphone dengan Baterai 5.000 mAh, Bisa Tahan Seharian Penuh

(ahl)

Comments