Talenan Lama Bakterinya 200 Kali Lebih Banyak Daripada Dudukan Toilet

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Talenan Lama Bakterinya 200 Kali Lebih Banyak Daripada Dudukan Toilet

Talenan Lama Bakterinya 200 Kali Lebih Banyak Daripada Dudukan Toilet

KEPONEWS.COM - Talenan Lama Bakterinya 200 Kali Lebih Banyak Daripada Dudukan Toilet Memasak di dapur itu, merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bahkan kegiatan ini bisa menyatukan keluarga juga bisa lebih sehat dan murah. Namun, dapur bisa menjadi tempat berkembang biak bagi kuman d...
Loading...

Memasak di dapur itu, merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bahkan kegiatan ini bisa menyatukan keluarga juga bisa lebih sehat dan murah.

Namun, dapur bisa menjadi tempat berkembang biak bagi kuman dan bakteri. Itu sebabnya kita harus memperhatikan dengan cermat bagaimana kita mengolah daging mentah dan peralatan yang kita gunakan.

Dilansir laman World of Buzz, halaman Facebook Public Health Malaysia mengingatkan kita bahwa talenan yang bersentuhan dengan makanan, apakah di dapur sendiri atau di restoran favorit kita, mungkin bisa jadi penyebab timbulnya penyakit, terutama bila talenan sudah mengalami gesekan, noda, dan berjamur.

Sebagian besar orang mungkin menganggap talenan yang bernoda atau tergores sebagai hal sepele dan selalu diabaikan. Tetapi talenan, justru bisa menjadi salah satu penyebab utama keracunan makanan, membuat Kamu menderita diare, muntah, sakit perut, dan banyak lagi.

Menurut penelitian, seperti dikutip oleh Public Health Malaysia, satu sentimeter persegi dapat mengandung lebih dari 24.000 bakteri. Ini sebenarnya merupakan bakteri 200 kali lebih banyak daripada dudukan toilet Kamu.

Meskipun talenan tua ini tidak aman dan tidak bersih, kebanyakan dari kita masih akan menggunakannya tanpa khawatir.

Talenan

Ilustrasi kamar mandi

Bukan Cuma Kamar Mandi, Sikat Toilet Juga Perlu Rajin Dibersihkan

Talenan

Cuci Talenan yang Benar Ternyata Harus Pakai Pemutih, Ini Alasannya

Toilet di Hundertwasser

Toilet Instagramable di Daerah Terpencil Ini Dibanjiri Wisatawan

Sudut, celah, dan ukiran pada talenan ialah rumah favorit bagi bakteri seperti Salmonella, E. Coli dan banyak lagi. Dan kalau talenan sudah mengalami kondisi demikian, biasanya akan sangat sulit dibersihkan. Dan perlu diketahui, 8 persen infeksi salmonella bisa menyebabkan meningitis dan E. Coli telah dikaitkan dengan kanker.

Adanya alur gesekan bekas kegiatan memotong biasanya akan sangat dalam sehingga mencuci dengan cara biasa tidak bisa membersihkannya dengan tepat hingga menjadi tempat yang nyaman untuk kuman dan bakteri bersarang.

Agar Talenan Tetap Bersih dan Sehat

Untuk menjaga agar talenan Kamu tetap bersih, gunakan talenan terpisah untuk daging dan sayuran mentah. Jikalau tidak, bakteri dari ayam akan berpindah ke buah dan sayuran segar Kamu.

Pastikan Kamu tidak mencampur peralatan yang Kamu gunakan untuk menyiapkan daging dan sayuran mentah juga untuk mencegah kontaminasi silang.

Jadi, jikalau talenan sudah terlihat banyak terdapat gesekan, berjamur, bahkan berubah warna, segera bersihkan, atau segera ganti dengan yang baru.(nsa)

Loading...
Loading...

Comments