Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

KEPONEWS.COM - Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera) Video call jadi salah satu fasilitas WhatsApp yang populer selain panggilan suara dan chatting. Namun bagaimana kalau tib...

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)

Video call jadi salah satu fasilitas WhatsApp yang populer selain panggilan suara dan chatting. Namun bagaimana kalau tiba-tiba WhatsApp tidak bisa video call karena erroe atau masalah lainnya terjadi?

Bagaimana cara mengatasi WhatsApp tidak bisa video call? Tenang, tak perlu panik ada cara untuk mengatasinya.

Apakah Kamu pernah mengalami kejadian WhatsApp tidak bisa video call? Kalau ya, tak perlu risau, berikut lima cara mengatasi WhatsApp tidak bisa video call.

1. Apa Penyebab Video Call pada WhatsApp Tidak Berfungsi?

Sebelum mencari tahu lebih lanjut perihal cara mengatasi fasilitas video call pada WhatsApp, berikut penjelasan penyebab WhatsApp tidak bisa video call:

Belum mempunyai izin untuk akses kamera. Biasanya permasalahan ini terjadi pada Android versi Lollipop ke atas.Belum mempunyai izin untuk akses mikrofon.Ada bug pada software WhatsAppKoneksi internet tidak stabil.Akun WhatsApp diblokir oleh kontak tujuan

2. Izinkan WhatsApp Mengakses Kamera

Dengan mengizinkan WhatsApp mengakses kamera dan mikrofon, maka Kamu baru bisa mengaktifkan video call. Berikut langkah-langkahnya:

Buka setelan/setting pada Android, lalu masuk ke menu SoftwareCari WhatsApp, lalu buka.Klik tombol izinCentang opsi kameraRestart ponsel Kamu

Jikalau sudah, silakan coba kembali untuk mengakses video call. Hal ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan tidak ada gambar atau pemberitahuan 'tidak bisa mengakses kamera' pada saat video call.

Video call di WhatsApp bisa sampai 8 orang. (Facebook)Video call di WhatsApp bisa sampai 8 orang. (Facebook)

3. Izinkan untuk Mengakses Mikrofon

Sama seperti mengakses kamera, WhatsApp juga perlu mengakses mikrofon pada ponsel Kamu agar saat video call audio-nya bisa terdengar. Berikut langkah-langkahnya:

Buka Setelan/Setting pada ponsel KamuKlik menu SoftwareKlik WhatsAppKlik Izin untuk mengaktifkan mikrofon

Kini, Kamu bisa video call tanpa ada gangguan audio atau suara pada saat video call.

4. Hapus Cache

Menghapus Cache bisa membantu mengatasi permasalahan pada software Whatsapp ketik ingin video call. Berikut langkah-langkahnya:

Buka Setelan/Setting pada Android Kamu, lalu klik SoftwareCari software WhatsAppKlik menu Penyimpanan, lalu klik opsi Hapus Cache.Kemudian klik tombol 'kembali' lalu ketuk tombol 'Paksa Berhenti'Kemudian Buka lagi WhatsApp

5. Cek Koneksi Internet

Hal yang sering terjadi apabila tidak bisa mengakses video call pada WhatsApp ialah koneksi internet yang tidak stabil.

Disarankan minimal 1 Mbps untuk mengakses video call. Bila kecepatannya kurang dari 1 Mbps, maka video call akan 'stuck' atau muncul pesan 'ended'. Sebaiknya cek dulu ya, koneksi internet Kamu sebelum memakai video call.

Itulah cara mengatasi WhatsApp tidak bisa video call. Ketahui penyebabnya dan lakukan langkah di atas. Selamat mencoba. ( Lolita Valda Claudia).

Comments