Tak Lama Lagi Cangkok Jantung Babi ke Manusia Jadi Kenyataan, Kapan?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Tak Lama Lagi Cangkok Jantung Babi ke Manusia Jadi Kenyataan, Kapan?

Tak Lama Lagi Cangkok Jantung Babi ke Manusia Jadi Kenyataan, Kapan?

KEPONEWS.COM - Tak Lama Lagi Cangkok Jantung Babi ke Manusia Jadi Kenyataan, Kapan? Ilustrasi babi. (Pixabay) Transplantasi bagian tubuh antara hewan dan manusia masih belum lumrah dilakukan. Namun tak lama lagi akan terjadi cangkok jantung babi ke manusia. Jantung babi akan bisa di...

Ilustrasi babi. (Pixabay)

Transplantasi bagian tubuh antara hewan dan manusia masih belum lumrah dilakukan. Namun tak lama lagi akan terjadi cangkok jantung babi ke manusia.

Jantung babi akan bisa dicangkokan ke manusia dalam tiga tahun mendatang, demikian dikatakan Terrence English, dokter Inggris pertama yang menggelar transplantasi jantung di 1979, pada pekan ini.

English mengatakan bahwa salah satu rekannya yang terlibat dalam operasi bersejarah 40 tahun silam itu, Christopher McGregor, akan melakukan operasi cangkok ginjal dari babi ke manusia pada tahun ini.

"Bila operasi xenotransplantasi ginjal babi ke manusia itu memuaskan, maka kemungkinan besar cangkok jantung (babi) ke manusia bisa dilakukan dalam beberapa tahun mendatang," kata English yang kini berusia 87 tahun.

Xenotransplantasi sendiri berarti pencangkokan organ atau jaringan tubuh antara spesies. Kini McGregor sedang mengembangkan dua metode agar sistem imun tubuh manusia tidak menolak organ asing.

"Bila ginjal bisa, maka demikian pula jantung," lanjut English.

Menurut The Guardian, anatomi dan fisiologi jantung babi mirip dengan manusia. Karenanya jantung babi sering digunakan dalam eksperimen untuk mengembangkan obat-obatan bagi manusia.

Ilustrasi induk babi dan anak-anaknya. [Shutterstock]Ilustrasi induk babi dan anak-anaknya. [Shutterstock]

Pada Mei lalu, para ilmuwan menemukan bahwa cangkok jantung babi ke manusia mempunyai prospek menjanjikan setelah mereka berhasil menggelar sebuah terapi genetik yang melibatkan microRNA-199.

MicroRNA-199 merupakan materi genetik yang terbukti bisa memperbaiki jantung yang rusak karena terkena infark miokardium (serangan jantung).

Infark miokardium ialah kondisi terhentinya peredaran darah dari arteri koroner yang menyebabkan matinya sel-sel jantung. Mereka yang terkena serangan jantung sering kali mengalami kerusakan struktur jantung permanen.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan memasukkan microRNA-199 ke jantung babi yang rusak karena infark miokardium dan menemukan bahwa jantung babi itu pulih nyaris seperti sedia kala dalam tempo satu bulan.

"Pengobatan yang mendorong jantung pulih dengan sendirinya setelah terkena serangan jantung merupakan cawan emas bagi para kardiolog," kata Ajay Shah, pakar kesehatan jantung pada British Heart Foundation.

Cangkok jantung babi ke manusia diyakini bisa menolong ratusan ribu pasien yang membutuhkan transplantasi jantung di dunia. ( Liberty Jemadu).

Comments