Tak Kalah dengan Bromo, Bukit Teletubbies Juga Ada di Luwuk

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Tak Kalah dengan Bromo, Bukit Teletubbies Juga Ada di Luwuk

Tak Kalah dengan Bromo, Bukit Teletubbies Juga Ada di Luwuk

KEPONEWS.COM - Tak Kalah dengan Bromo, Bukit Teletubbies Juga Ada di Luwuk Luwuk - Nama Bukit Teletubbies ternyata tak hanya ada di Bromo saja. Di Luwuk, Sulawesi Tengah ada juga bukit yang bernama sama. Keindahannya boleh diadu!Selama ini, banyak destinasi di Indonesia yang...

Luwuk - Nama Bukit Teletubbies ternyata tak hanya ada di Bromo saja. Di Luwuk, Sulawesi Tengah ada juga bukit yang bernama sama. Keindahannya boleh diadu!

Selama ini, banyak destinasi di Indonesia yang punya sebutan Bukit Teletubbies, merujuk ke perbukitan berwarna hijau yang muncul di serial TV anak-anak Teletubbies. Dari Bengkulu, Blitar, Bromo sampai Dataran Tinggi Dieng punya tempat yang serupa.

Rupanya, Luwuk di Sulawesi Tengah juga tak mau kalah dengan daerah-daerah tadi. Di ibu kota Kabupaten Banggai ini, traveler bisa berjumpa dengan Bukit Teletubbies yang tak kalah indahnya.

detikTravel berkunjung ke Bukit Teletubbies pekan lalu. Saat rombongan kami tiba, matahari perlahan sudah mulai tergelincir ke ufuk barat. Dari Bukit Kasih Sayang, perjalanan menuju ke Bukit Teletubbies bisa ditempuh selama kurang lebih 20 menit saja.

Matahari mulai menyinari Bukit Teletubbies (Wahyu/detikTravel)Matahari mulai menyinari Bukit Teletubbies (Wahyu/detikTravel)
Saat kami di Bukit Teletubbies, bisa dibilang sebagai jam-jam 'Golden Hour', dimana cahaya matahari sedang cantik-cantiknya menyiram Bukit Teletubbies. Saatnya menikmati cahaya keemasannya di Bukit Teletubbies.

Segera kami keluarkan kamera untuk jeprat-jepret segala sudut keindahan Bukit Teletubbies. Hijau sejauh mata memandang di sisi kanan dan kiri jalan. Begitu menyegarkan.

Pohon jomblo yang berdiri sendirian (Wahyu/detikTravel)Pohon jomblo yang berdiri sendirian (Wahyu/detikTravel)
Ada beberapa spot yang menarik di Bukit Teletubbies. Seperti contohnya pohon jomblo yang berdiri sendirian di salah satu perbukitan. Pohon ini tampak kontras dengan kontur perbukitan yang nyaris tidak ditumbuhi pepohonan, hanya rerumputan hijau seperti permadani.

Seekor sapi yang sedang asyik berburu rumput nan hijau juga tak luput dari objek foto yang menarik. Seeperti inilah keseharian di Bukit Teletubbies. Hijau, tenang, dan alami. Hanya sesekali saja manusia lalu lalang.

Sapi sedang merumput (Wahyu/detikTravel)Sapi sedang merumput (Wahyu/detikTravel)
Sayang, di beberapa titik Bukit Teletubbies tidak hijau lagi, melankan coklat kehitaman. Ada indikasi bukit ini seperti habis kebakaran. Entah disengaja, atau tidak tetapi itu sedikit merusak keindahan alami dari Bukit Teletubbies.

Dari pengamatan detikTravel, sepertinya lokasi ini kerap digunakan untuk kemping anak-anak muda. Saya jadi membayangkan, kemping sambil memotret milky way di sini pasti oke banget.

Ada beberapa bagian Bukit Teletubbies yang gosong terbakar (Wahyu/detikTravel)Ada beberapa bagian Bukit Teletubbies yang gosong terbakar (Wahyu/detikTravel)
Asal ingat, jangan membuat api unggun di tempat sembarangan, kalau tidak mau terjadi kebakaran. Jadilah traveler yang bertanggung jawab dan menjaga kealamian destinasi yang kamu kunjungi.

Bukit Teletubbies di Luwuk seakan jadi bukti bahwa ibu kota Kabupaten Banggai ini menyimpan potensi besar untuk mendatangkan wisatawan. Tinggal bagaimana mempromosikan destinasi ini, sekaligus menjaganya agar tidak rusak dan tetap alami.

(rdy/fay)

Comments