Tak Hanya Wajah Menyeramkan, Sistem Seksual Ikan Laut Dalam Ini Juga Unik

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Tak Hanya Wajah Menyeramkan, Sistem Seksual Ikan Laut Dalam Ini Juga Unik

Tak Hanya Wajah Menyeramkan, Sistem Seksual Ikan Laut Dalam Ini Juga Unik

KEPONEWS.COM - Tak Hanya Wajah Menyeramkan, Sistem Seksual Ikan Laut Dalam Ini Juga Unik Ikan laut dalam anglerfish. (YouTube/ MBARI) Ikan laut dalam terkenal dengan bentuknya yang unik dengan wajah menyeramkan. Tak hanya menyeramkan, sistem seksual mereka juga mempunyai pola yang unik....

Ikan laut dalam anglerfish. (YouTube/ MBARI)

Ikan laut dalam terkenal dengan bentuknya yang unik dengan wajah menyeramkan. Tak hanya menyeramkan, sistem seksual mereka juga mempunyai pola yang unik.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, ilmuwan sudah mengetahui bagaimana cara anglerfish (ikan dari ordo Lophiiformes) berhubungan badan dengan lawan jenisnya.

Mereka bisa berfusi atau bergabung satu sama lain dalam kurun waktu lama di laut dalam.

Tentunya hubungan yang "lengket" itu akan sangat aneh kalau terjadi pada manusia.

Variasi persetubuhan ekstrem tersebut membuat anglerfish jantan menempel secara permanen kepada tubuh sang betina.

Spesies anglerfish akan saling melekat satu sama lain saat berhubungan seks di laut dalam. (Rebikoff Foundation via YouTube/ Science Magazine)Spesies anglerfish akan saling melekat satu sama lain saat berhubungan seks di laut dalam. (Rebikoff Foundation via YouTube/ Science Magazine)

Sang jantan mendapatkan nutrisi sementara betinanya memperoleh sperma.

Sebelum ini, para ilmuwan galau mengapa sistem kekebalan betina tidak meluncurkan "serangan" pada pasangan mereka.

Misteri terpecahkan karena penelitian terbaru yang diterbitkan di dalam jurnal Science telah mengungkapkan bahwa pejantan dilindungi karena respon imun yang berubah.

Beberapa spesies anglerfish telah mengadaptasi bentuk parasitisme seksual untuk memastikan bahwa begitu mereka menemukan pasangan, mereka tidak akan pernah melepaskannya.

Jantan menempel pada betina, hingga beberapa jaringan dan bahkan sistem peredaran darah mereka saling menempel.

Sistem seksual "fusion" ini memastikan kedua pasangan dapat bereproduksi secara andal dan seiring berjalannya waktu jantan menyusut hingga hanya bagian-bagian penting yang tersisa.

Dikutip dari IFLScience, anglerfish merupakan ikan yang bisa hidup pada ratusan meter di bawah laut.

Bahkan pada tahun 2005, ilmuwan yang memanfaatkan ROV (Remotely Operated Underwater Vehicle) menemukan salah satu spesies anglerfish dapat hidup di kedalaman 1.474 meter.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa anglerfish mencapai parasitisme seksual ini dikarenakan telah kehilangan bagian penting dari sistem kekebalannya, yang kemudian memungkinkan dua tubuh menjadi satu tanpa penolakan jaringan.

Memahami bagaimana hewan-hewan yang tidak biasa ini mengubah respon imun mereka untuk memenuhi kehidupan seks dapat berguna dalam merumuskan terapi untuk membantu pasien yang kekurangan imun, klaim ilmuwan.

Sistem seksual unik ikan laut dalam di atas mungkin mirip seperti lagu 2 Become 1 milik Space Girls yang terkenal di tahun 1990-an

Comments