Tak hanya mata panda, ini 5 dampak berbahaya jika kamu sering begadang

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Tak hanya mata panda, ini 5 dampak berbahaya jika kamu sering begadang

Tak hanya mata panda, ini 5 dampak berbahaya jika kamu sering begadang

KEPONEWS.COM - Tak hanya mata panda, ini 5 dampak berbahaya jika kamu sering begadang Sulit tidur atau insomnia sering dialami banyak orang. Entah itu keadaan badan yang terlalu lelah atau memang kebiasaan seseorang tidur yang tidak tertib. Hal itu membuat seseorang terpaksa begadang....

Sulit tidur atau insomnia sering dialami banyak orang. Entah itu keadaan badan yang terlalu lelah atau memang kebiasaan seseorang tidur yang tidak tertib. Hal itu membuat seseorang terpaksa begadang. Namun, hal ini jangan dibiarkan, pasalnya begadang sangat berdampak buruk untuk kesehatan.

Selain memicu kenaikan berat badan, ada hal lain yang dapat timbul ketika seseorang sering begadang. Seperti dilansir dari RockNews, Rabu (28/6). Berikut bahaya lain jikalau seseorang sering begadang.

1. Obesitas

Kurang tidur memicu masalah obesitas. Itu sebabnya ketika malam hari seseorang merasa lapar, lalu makan sembarangan tanpa memikirkan kalori makanan. Pemicunya karena ada peningkatan hormon ghrelin di malam hari yang membuat nafsu makan seseorang tersebut tinggi.

2. Kecemasan

Penelitian menyebutkan, orang yang tidur kurang dari enam jam lebih mudah mengalami kecemasan. Bila tak segera diatasi, seseorang juga mudah merasakan depresi di masa mendatang.

3. Cepat menua

Ketika tidur, tidak hanya organ tubuh seseorang yang beristirahat. Kulit pun tak cukup mendapatkan oksigen. Akibatnya, kulit akan menua lebih cepat dengan tanda cepat keriput.

4. Depresi

Seiring waktu, kurang tidur dan gangguan tidur bisa berkontribusi terhadap gejala depresi. Dalam jajak pendapat Sleep in America tahun 2005, orang-orang yang didiagnosis dengan depresi atau kecemasan lebih mungkin tidur kurang dari enam jam di malam hari.

5. Penyakit tidak menular tapi bahaya

Jangan biasakan begadang. Bagi seseorang yang kurang tidur akan mengalami penyakit tidak menular, seperti diabetes, jantung, kanker, alzheimer, dan lainnya. Duh!

(fen)

Tak hanya mata panda, ini 5 dampak berbahaya jika kamu sering begadang

Comments