Tak Hanya Ganjil Genap, Google Juga Punya Fitur Rute Motor

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Tak Hanya Ganjil Genap, Google Juga Punya Fitur Rute Motor

Tak Hanya Ganjil Genap, Google Juga Punya Fitur Rute Motor

KEPONEWS.COM - Tak Hanya Ganjil Genap, Google Juga Punya Fitur Rute Motor Google Maps membagikan tiga fitur barunya di Indonesia, yaitu rute ganjil-genap, hari bebas kendaraan (car-free day), serta rute motor. Rute ganjil-genap merupakan larangan untuk pengguna kendaraan ya...
Loading...

Google Maps membagikan tiga fitur barunya di Indonesia, yaitu rute ganjil-genap, hari bebas kendaraan (car-free day), serta rute motor.

Rute ganjil-genap merupakan larangan untuk pengguna kendaraan yang berplat nomor ganjil lewat di beberapa jalur pada tanggal genap dan begitu pula sebaliknya.

Peraturan ini diadakan dua kali sehari pada 07.00 hingga 10.00, serta 16.00 hingga 20.00 WIB.

Fitur ganjil-genap memberikan arahan untuk menghindari jalur ganjil-genap, seperti Senayan dan Gatot Subroto, apabila pengguna kendaraan berplat ganjil menggunakan software di hari genap.

Cara untuk menggunakannya sama seperti penggunaan peta pada biasanya. Namun, pada jam-jam aturan ganjil-genap, jalurnya akan memberi peringatan kalau di jalan tersebut pengguna akan melewati rute ganjil-genap.

Google Maps terintegrasi dengan bus Transjakarta

"Buka Google Maps, lalu cari jalur yang lewat ganjil-genap. Misalnya, masukkan kata 'Grand Indonesia', lalu klik penunjuk arah. Pilih fitur untuk mobil. Bedanya, di sini di bagian atas memperingati bahwa jalur yang dilewati ke Grand Indonesia itu melewati jalur ganjil-genap," kata Product Marketing Manager Google, Sasha Sunu, di Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

Setelah itu, lanjut Sasha, peringatan tersebut di klik dan setting plat nomor kendaraan pengguna. Nantinya, Maps akan menunjukkan arah yang sesuai dengan hari dan plat nomor tersebut.

Apabila tulisan peringatan lupa di-klik, pengguna dapat mengubah settingan plat nomor pada fitur Option atau simbol 3 titik yang ada di sebelah keterangan lokasi berangkat atau Your Location.

Rute jalan kecil

Sasha mencontohkan pada plat nomor genap di hari genap akan diarahkan jalur melewati rute ganjil-genap, yang juga akan keluar notifikasi bahwa sedang melewati jalur ganjil-genap beserta jarak tempuh sepanjang jalur yang dilewati.

Google Maps.

Sama halnya dengan saat menentukan rute yang akan dituju. Namun, pada bagian atas akan ada ikon motor di sebelah ikon mobil. Pilih ikon tersebut, lalu akan tersedia menu pilihan.

"Sebelum di-update, dari ikon mobil langsung ke ikon transportasi publik. Sekarang ada ikon baru, ikon motor. Gampang banget tinggal tap ikon motor di menu," tuturnya.

Bila sebelumnya pengendara motor harus mengikuti rute mobil pada Maps, kini, rute motor tersebut akan memberikan jalur jalan-jalan kecil yang bisa dilewati oleh kendaraan roda dua. Tiga fitur ini pun sudah ada di Android dalam versi terbaru, yakni 9.73. (ren)

Loading...
Loading...

Comments