Tak Ditunjuk Jadi Anggota Dewan Sains, 6 Peneliti Jepang Minta Penjelasan dari Kantor Kabinet

Internasional

News / Internasional

Tak Ditunjuk Jadi Anggota Dewan Sains, 6 Peneliti Jepang Minta Penjelasan dari Kantor Kabinet

Tak Ditunjuk Jadi Anggota Dewan Sains, 6 Peneliti Jepang Minta Penjelasan dari Kantor Kabinet

KEPONEWS.COM - Tak Ditunjuk Jadi Anggota Dewan Sains, 6 Peneliti Jepang Minta Penjelasan dari Kantor Kabinet Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang TOKYO - Sebanyak 6 peneliti meminta keterbukaan berita dari Kantor Kabinet dan Sekretariat Kabinet Jepang untuk mengklarifikasi alasan penola...

Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang

TOKYO - Sebanyak 6 peneliti meminta keterbukaan berita dari Kantor Kabinet dan Sekretariat Kabinet Jepang untuk mengklarifikasi alasan penolakan mereka sebagai anggota Dewan Sains.

Jikalau alasan itu tetap tak diberitahukan, mereka akan menuntut ke pengadilan.

"Ini bukan masalah yang berkaitan dengan sumber daya manusia, tetapi masalah menolak rekomendasi Dewan Sains tanpa menunjukkan alasan apa pun. Apa standar penolakan? Saya ingin Kamu untuk memaparkan," ungkap Profesor Masanori Okada dari Universitas Waseda, salah satu yang ditolak PM Jepang.

Di bawah demokrasi parlementer, pemerintah tidak dapat dikatakan bertanggung jawab kepada rakyat kecuali bila dijelaskan dengan benar pelaksanaan kekuasaan.

"Itu tidak memaparkan apa-apa. Hal ini ialah tindakan menghancurkan demokrasi," tambahnya.

Pemerintah Jepang Percepat Vaksinasi, Minta Klinik Lakukan Vaksinasi pada Malam Hari dan Hari Libur

Enam orang, termasuk Profesor Masanori Okada dari Universitas Waseda dan Profesor Ryuichi Ozawa dari Fakultas Kedokteran Universitas Jikei, yang tidak ditunjuk sebagai anggota, meminta pengungkapan berita, di mana Profesor Okada dan Profesor Ozawa mengunjungi Kantor Kabinet pada tanggal 26 April.

"Saya menyerahkan dokumen permohonan membuka alasan penolakan," lanjutnya.

Empat peneliti lainnya telah mengirimkan permohonan mereka melalui pos pada tanggal 26 April.

Mengenai masalah ini, Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengungkapkan bahwa Kantor Kabinet menyimpan catatan pertukaran dengan Wakil Ketua Sekretaris Kabinet Sugita mengenai proses pengangkatan, tetapi Perdana Menteri Suga dan Sekretaris Kabinet Kato pernah memaparkan.

"Saya tidak ingin menjawab perihal masalah personalia," kata dia mengenai alasan mengapa ia tidak menunjuk enam orang tersebut.

Sekretaris Kabinet Katsunobu KatoSekretaris Kabinet Katsunobu Kato (Foto Jiji)

Untuk alasan ini, enam orang telah mengambil prosedur "permintaan pengungkapan berita diri" untuk meminta berita pribadi yang dipegang oleh badan administratif, dan meminta Kantor Kabinet dan Sekretariat Kabinet untuk mengungkapkan dokumen yang memaparkan alasan dan keadaan dari penolakan penunjukan.

Sementara itu, sejalan dengan langkah ini, 1.162 sarjana hukum dan pengacara memutuskan untuk membuat permintaan yang sama untuk keterbukaan berita, dan pada tanggal 26 April perwakilan kelompok mengajukan tagihan.

Jikalau tidak diungkapkan, mempertimbangkan untuk mengajukan ke sidang persidangan.

Sementara itu Forum usaha WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan digunakan sebagai tempat belanja para WNI dan orang Jepang yang ada di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Comments