Tak Bergantung ke Google Play Store, Langkah Ini yang Diambil Huawei

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Tak Bergantung ke Google Play Store, Langkah Ini yang Diambil Huawei

Tak Bergantung ke Google Play Store, Langkah Ini yang Diambil Huawei

KEPONEWS.COM - Tak Bergantung ke Google Play Store, Langkah Ini yang Diambil Huawei Beberapa waktu lalu pemerintah Amerika Serikat memaksa Googe untuk memutus hubungan dengan Huawei. Kabar tersebut membuat Huawei terancam kehilangan akses di layanan Google. Smartphone Android Huawei...

Beberapa waktu lalu pemerintah Amerika Serikat memaksa Googe untuk memutus hubungan dengan Huawei. Kabar tersebut membuat Huawei terancam kehilangan akses di layanan Google.

Smartphone Android Huawei nantinya terancam tidak bisa mendapatkan layanan Google. Huawei juga tak bisa memasang software Google sebagai bawaan smartphone mereka.

Salah layanan yang penting ialah Google Play Store. Layanan toko software Android dengan jaminan keamanan langsung dari Google ini terpercaya.

Tak mau terus bergantung ke Google PLay Store, Huawei segera mengambil tindakan. Yaitu mempopulerkan AppGallery milik Huawei sendiri.

Dikutip dari Gizmochina, Huawei telah menyurati sejumlah pengembang software untuk memasukkan software Android mereka ke AppGallery.

Salah satu pengembang software ini menceritakan permintaan Huawei tersebut ke XDA-Developers. Ia menceritakan kalau telah mendapatkan email permintaan Huawei.

Developer yang tidak disebutkan namanya ini mengungkap kalau Huawei mempromosikan AppGallery kepada para pengembang software.

Huawei AppGallery. (Huawei)Huawei AppGallery. (Huawei)

Huawei mengklaim kalau AppGallery mempunyai 270 juta pengguna aktif tiap bulannya. Dan ada 350 juta smartphone telah terpasang store software Android ini. Dan setengahnya ada di luar China.

Seperti diketahui, banyak smartphone Android di China yang tidak terhubung dengan Google Play Store. Kebanyakan akan memakai store software Android dari produsen smartphonenya.

Salah satunya AppGallery yang sudah terinstal bawaan smartphone Huawei yang memakai EMUI. Store ini telah terinstal untuk smartphone Huawei di China maupun luar China.

Huawei AppGallery. (Huawei)Huawei AppGallery. (Huawei)

Sebelumnya juga, diketahui kalau Huawei sempat mendekat Aptoide. Store software Androide satu ini juga dikenal sebagai alternatif dari Google Play Store.

Namun kini, Huawei nampak lebih serius mempromosikan AppGallery. Melalui sosmed, Huawei Mobile Services rajin mempromosikan software Android di store tersebut.

Nampaknya, apa yang dilakukan Huawei ini dalam rangka melepaskan ketergantungan pada Google Play Store. Terutama setelah pemerintah AS melarang Google membantu Huawei.

Comments