Tak asal, ini 5 rahasia agar jadi creator yang viral di media sosial

Trending

Fun / Trending

Tak asal, ini 5 rahasia agar jadi creator yang viral di media sosial

Tak asal, ini 5 rahasia agar jadi creator yang viral di media sosial

KEPONEWS.COM - Tak asal, ini 5 rahasia agar jadi creator yang viral di media sosial Sosmed menjadi platform unik untuk para creator konten. Lewat sosmed, karyamu akan berada di jejaring untuk dinikmati orang di mana pun dan kapan pun. Cukup sekali klik, karyamu bisa dilihat jutaan or...

Sosmed menjadi platform unik untuk para creator konten. Lewat sosmed, karyamu akan berada di jejaring untuk dinikmati orang di mana pun dan kapan pun. Cukup sekali klik, karyamu bisa dilihat jutaan orang dalam waktu singkat. Kamu juga tak perlu repot-repot membayar mahal, malah terkadang justru kamu bisa mendapatkan uang dari sosmed lewat karya yang kamu buat.

Namun ada tantangan yang harus dihadapi sebagai creator. Kamu harus bisa membuat konten menjadi viral dan bisa diterima audiens. Hanya mengunggah konten sembarangan tak akan membuat karyamu terkenal. Apalagi kalau hanya comot ide sana-sini, nanti malah kamu jadi bahan bully warganet.

Menjadi seorang creator yang viral di sosmed membutuhkan persiapan dan eksekusi yang matang. Mulai dari mencari ide, research, eksekusi, dan lain-lain harus dilakukan optimal agar karyamu viral. Menjalin hubungan yang baik dengan subscriber atau followermu juga penting lho. Konten yang mereka gemari bisa membuatmu menjadi seorang creator viral.

Sebagai creator, kamu harus selalu kreatif dalam menjawab tantangan di atas. Banyak sekali langkah bisa kamu lakukan agar bisa menjadi creator viral. Dirangkum dari banyak sekali sumber, Selasa (28/8), ini lima rahasia menjadi seorang creator yang viral di sosmed.

1. Bikin konten yang bisa dijangkau semua orang.

Pengguna sosmed sekarang tak hanya anak muda, banyak orang tua dan anak-anak memanfaatkan sosmed untuk banyak sekali keperluan. Ada yang hanya untuk mencari berita terbaru maupun sarana entertainment.

Tema-tema unik seperti humor ringan atau sesuatu yang edukatif tapi tak diajarkan di sekolah, bisa membuat kontenmu mudah dicerna banyak sekali kalangan, bahkan bukan nggak mungkin menjadi viral. Oleh karena itu, penting untuk kamu melihat kebutuhan dan keinginan subscriber atau followermu. Sebagai catatan juga, hindari konten-konten yang berisi kekerasan, bullying, atau lain-lain yang tak bisa diterima semua pihak. Apalagi konten dewasa. No!

2. Tampilkan konsep baru.

Sebuah konten bisa menjadi viral karena berbeda dari yang lainnya. Walaupun membahas tema yang sama, sebuah konten bisa lebih sukses karena cara penyajiannya unik dan kreatif. Konsep baru dengan sentuhan kreatif seperti humor atau nuansa fresh bisa jadi senjatamu untuk membuat sebuah konten viral.

3. Manfaatkan akun sosmed semaksimal mungkin.

Sosmed seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube wajib kamu maksimalkan agar karyamu viral. Tak hanya di satu platform, karyamu harus bisa diakses di banyak sekali platform sosmed supaya peluang dilihat banyak orang semakin besar.

Pelajari juga cara kerja setiap platform sosmed. Pelan tapi pasti, kamu bisa mempunyai banyak subscriber atau follower yang setia mendukungmu dengan memaksimalkan sosmed yang kamu miliki.

4. Jangan ragu gabung di komunitas.

Membuat karya viral nggak harus sendirian, kamu bisa berkolaborasi dengan creator lain. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan banyak sekali inspirasi yang bisa digunakan untuk proyek konten yang akan datang. Namun, gimana caranya memulai ketemu dan berkolaborasi dengan creator lain?

Tenang, guys. Melihat banyaknya creator kreatif di Tanah Air tapi wadahnya tak selalu ada setiap saat, maka AXIS terdorong menghadirkan wadah untuk creator kreatif bernama AXIS POP UP STATION. Nggak cuma di Jakarta, AXIS POP UP STATION ini muncul pula di kota-kota besar lain seperti Makassar, Jember, Pekanbaru, Bandung, Banjarmasin, Malang, Medan, dan Yogyakarta.

Di AXIS POP UP STATION yang diselenggarakan Agustus-November 2018 ini, kamu bisa berinteraksi bahkan berkolaborasi dengan para creator lain yang tak kalah kreatif. Banyak sekali kegiatan menarik seperti sharing session, talkshow KOL, workshop, gaming zone, dan hangout zone bisa kamu ikuti, lho. Di sini, kamu nggak perlu takut lagi karyamu jadi 'basi' atau kehilangan momentum karena tak ada wadah menampung ide-ide kreatif. Untuk info lebih lengkap yuk langsung cek di sini.

5. Berinteraksi dengan follower di sosmed.

Sosmed seperti Facebook, YouTube, Instagram, dan lain-lain mempunyai keunikan tersendiri. Caramu berinteraksi dengan follower di Instagram tentu berbeda dengan subscriber di YouTube. Oleh karena itu, kamu harus bisa memaksimalkan semua sosmed yang kamu punya supaya ada engagement antara kamu dan audiens. Contoh sederhana cara membangun keterikatan ini misalnya mengadakan giveaway untuk menarik perhatian subscriber atau followermu.

Nah, Sobat, nggak ribet banget kan tips tadi? Namun kamu butuh konsistensi, jaga semangat, serta ulet mencoba hal baru untuk jadi creator viral dan tentunya bermanfaat dong, ya. Selamat berkarya dan semoga sukses dengan karya kreatifmu!

(tin)

Comments