Taj Mahal dan Bukti Cinta Abadi Shah Jahan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Taj Mahal dan Bukti Cinta Abadi Shah Jahan

Taj Mahal dan Bukti Cinta Abadi Shah Jahan

KEPONEWS.COM - Taj Mahal dan Bukti Cinta Abadi Shah Jahan Jakarta - Taj Mahal di Agra tidak hanya menjadi objek wisata populer di India. Mausoleum ini juga jadi bukti cinta tak pernah mati Shah Jahan pada istrinya.Dibalik keindahan Taj Mahal, tersimpan kisah...

Jakarta - Taj Mahal di Agra tidak hanya menjadi objek wisata populer di India. Mausoleum ini juga jadi bukti cinta tak pernah mati Shah Jahan pada istrinya.

Dibalik keindahan Taj Mahal, tersimpan kisah cinta dari Raja Mughal Shah Jahan pada istrinya yang bernama Mumtaz Mahal. Dilihat detikTravel dari situs resmi Taj Mahal, Senin (23/10/2017), bangunan itu bahkan disebut sebagai landmark cinta.

Diketahui, Mumtaz Mahal bukanlah istri pertama dari Shah Jahan. Namun kekaguman dan cintanya yang begitu besar kepada Mumtaz bisa membuat Shah Jahan, Raja dari Kerajaan Mughal bertekuk lutut.

Mausoleum yang jadi bukti cinta Raja Shah Jahan Mausoleum yang jadi bukti cinta Raja Shah Jahan (Randy/detikTravel)
Alkisah, Mumtaz Mahal meninggal saat melahirkan anak ke-14 mereka. Selama lebih dari setahun, Jahan tidak keluar dari ruangan, hanya bersedih. Bahkan diceritakan, rambut Jahan berantakan, memutih, ia tidak mandi, dan tidak berminat memakai pakaian mewah ala kerajaan.

Penyelamat kesedihannya ialah mengingat mendiang istrinya, beserta kisah cinta mereka. Maka, mulai tahun 1631, dibangunlah Taj Mahal.

Bangunan utama di komplek ini ialah makam Mumtaz Mahal. Paling megah, paling indah dan dikelilingi taman terindah. Karena dahulu, Mumtaz dikisahkan senang berjalan-jalan di taman kerajaan.

Karena kecintaannya dengan taman, makam Mumtaz dibuat seindah mungkin. Bahkan, satu bunga di makamnya terbuat dari 35 batu mulia yang berbeda.

Di dindingnya terdapat kaligrafi ayat Al-Quran yang indah dan memesona. Ruangan yang bisa diakses ialah lantai teratas. Di sana terdapat replika makam Shah Jahan dan Mumtaz Mahal. detikTravel pun pernah mampir ke sini beberapa waktu lalu.

Landmark ini pun sangat populer di India hingga dunia Landmark ini pun sangat populer di India hingga dunia (AFP)
Ada taman nan cantik di sekeliling bangunan yang bertema Taman Firdaus seperti yang diceritakan di dalam Al-Quran. Empat Menara di sana, dulunya dipakai untuk adzan karena ada masjid di sampingnya yang dibuat warga sekitar.

Tak sedikit traveler yang datang ke sana saat pagi atau sore hari. Namun bila ingin beda, traveler bisa datang saat malam bulan purnama.

Membaca artikel di atas, mungkin ada traveler yang ingin jalan-jalan ke India. Kebetulan nih, detikTravel punya Dream Destination 2017 #BikinJadiNyata ke Kolkata di India! Kalau kamu mau tahu lebih jauh, bisa klik di sini. Ayo ke India bareng detikTravel! (rdy/rdy)

Comments