Tahun Heisei Jepang Segera Berakhir, Produk-produk Kreatif Mulai Bermunculan

Internasional

News / Internasional

Tahun Heisei Jepang Segera Berakhir, Produk-produk Kreatif Mulai Bermunculan

Tahun Heisei Jepang Segera Berakhir, Produk-produk Kreatif Mulai Bermunculan

KEPONEWS.COM - Tahun Heisei Jepang Segera Berakhir, Produk-produk Kreatif Mulai Bermunculan Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang TOKYO - Tahun Heisei akan segera berakhir 30 April 2019 saat terakhir kaisar Akihito berkuasa. Per tanggal 1 Mei 2019 akan diganti Kaisar bar...

Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang

TOKYO - Tahun Heisei akan segera berakhir 30 April 2019 saat terakhir kaisar Akihito berkuasa.

Per tanggal 1 Mei 2019 akan diganti Kaisar baru putera sulungny,a Naruhito, sehingga nama tahun Jepang berubah.

Namun hingga kini belum diumumkan nama tahun yang baru tersebut.

"Pergantian nama tahun Jepang ini banyak dikreatifkan dengan memunculkan banyak sekali produk baru di masa akhir masa Heisei," ujar Asako Kitagawa, warga Tokyo kepada , Selasa (29/1/2019) sepulang dari konbini Lawson.

Kitagawa membeli keripik kentang (potato chip) dengan tulisan kigen (masa validitas makanan) ditulis tanggal 30 April 2019, saat terakhir masa Heisei.

Potato chips, keripik kentang dengan bungkus kigen (batas waktu validitas makanan) sampai tanggal 30 April 2019 saat terakhir masa Heisei. Potato chips, keripik kentang dengan bungkus kigen (batas waktu validitas makanan) sampai tanggal 30 April 2019 saat terakhir masa Heisei. (Koresponden Tribunnews/Richard Susilo)

Desain bungkus makanan itu juga banyak sekali kosa kata terkenal yang muncul di masa Heisei seperti Keizai Bubble (gelembung ekonomi), 2000 yen satsu (uang kertas 2000 yen muncul di masa Heisei), dan sebagainya.

Hitman Penembak Profesional Mulai Banyak Digunakan Pihak Yakuza Jepang

Demikian pula tulisan 3 persen menjadi 8 persen dan menjadi 10 persen mulai Oktober 2019 mendatang, menggambarkan pajak pertambahan nilai Jepang (PPN).

Kreativitas masyarakat usaha Jepang memanfaatkan masa-masa akhir tahun Heisei beraneka ragam.

Vanessa Angel Tolak Tawaran Makan Malam Bersama Pemesan, Muncikari: Maunya Langsung Saja

Ada pula yang memunculkan khusus kue Heisei Terakhir, banyak sekali produk dengan julukan produk Heisei Terakhir, sampai ke menu makanan dan restoran.

"Kreativitas ini memang ciri khasnya orang Jepang sehingga ekonomi dapat bergulir terus dengan baik dari masa ke masa," tambahnya.

Comments