Tahu Nggak, Bisa Berenang Bersama Hiu di Raja Ampat

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Tahu Nggak, Bisa Berenang Bersama Hiu di Raja Ampat

Tahu Nggak, Bisa Berenang Bersama Hiu di Raja Ampat

KEPONEWS.COM - Tahu Nggak, Bisa Berenang Bersama Hiu di Raja Ampat Raja Ampat - Bersantai di pinggir pantai, asyiknya ditemani ikan-ikan laut yang indah dan pasir putih jernih. Tapi, bagaimana kalau bersama hiu?Setelah mengunjungi salah satu ikon Raja Ampat, Wayag, j...

Raja Ampat - Bersantai di pinggir pantai, asyiknya ditemani ikan-ikan laut yang indah dan pasir putih jernih. Tapi, bagaimana kalau bersama hiu?

Setelah mengunjungi salah satu ikon Raja Ampat, Wayag, jangan buru-buru pergi ke tempat lain. Cobalah singgah di Pos Pantai Wayag. Karena, inilah tempat seru nan ekstrem dimana traveler bisa berenang bersama salah satu predator lautan.

Kamu tidak salah baca. Di pantai ini, memang ada beberapa hiu yang hidup di pesisir. Tapi jangan takut, hiu-hiu di sini masih kecil alias baby shark. detikTravel sempat berkunjung beberapa pekan lalu.

Mereka berjenis Black Tip Shark. Kalau mereka sudah besar, jangan sampai deh berdekatan. Karena, mereka akan menjadi predator laut yang sesungguhnya, meskipun hanya pada ikan-ikan lain. Jenis Black Tip Shark merupakan hiu yang paling ditakuti dan menyeramkan jikalau sudah dewasa.

Tahu Nggak, Bisa Berenang Bersama Hiu di Raja AmpatHiu jenis black tip shark di Raja Ampat (Oktavia Sari/d'Traveler)

Para hiu dipelihara oleh warga setempat. Mereka sudah jinak, sehingga traveler bebas bermain bersama dan memberi makan. Hiu tersebut juga berenang bersama ikan-ikan jenis lainnya.

: Pasir Timbul di Raja Ampat, Siapa yang Tidak Tergoda?

Namun, ada trik khusus agar mereka tidak 'murka'. Jangan memberi umpan di dekat anggota tubuh, atau traveler akan digigit. Umpan yang digunakan umumnya ikan-ikan kecil.

Tahu Nggak, Bisa Berenang Bersama Hiu di Raja AmpatTuris yang berenang bersama hiu (Shinta/detikTravel)

Selain itu, jangan sampai ada bau darah atau sedikit darah yang ke luar dari tubuh. Artinya, jikalau wanita yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan untuk berenang bersama hiu-hiu tersebut.

Kalau mau ke sini, beberapa agen tur sudah menyediakan satu paket dengan wisata ke Wayag. Jarak dari puncak Wayag menuju pos juga tidak terlalu jauh, hanya 5 menit saja menggunakan kapal cepat atau speedboat.

Tahu Nggak, Bisa Berenang Bersama Hiu di Raja AmpatPantai Pos Wayag (Shinta/detikTravel)

Kalau biaya ke Raja Ampat, bervariasi jumlahnya. Paket private trip rata-rata harganya Rp 15 jutaan per orang. Durasinya mulai dari 4-5 hari lamanya. Namun, traveler yang minim bujet bisa mengakali dengan ikut open trip, harganya mulai Rp 7 jutaan untuk 4-5 hari.

: Indah Nian Telaga Bintang Raja Ampat (sna/aff)

Comments