SYL: Industri Pertanian Mendesak untuk Sejahterakan Petani

Nasional

News / Nasional

SYL: Industri Pertanian Mendesak untuk Sejahterakan Petani

SYL: Industri Pertanian Mendesak untuk Sejahterakan Petani

KEPONEWS.COM - SYL: Industri Pertanian Mendesak untuk Sejahterakan Petani JAKARTA - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan industri pertanian merupakan kebutuhan mendesak untuk mensejahterakan para petani. Karena itu, SYL mengimbau pe...

JAKARTA - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan industri pertanian merupakan kebutuhan mendesak untuk mensejahterakan para petani.

Karena itu, SYL mengimbau pemerintah dan semua stakeholder agar memberdayakan para petani untuk menerapkan industri pertanian.

"Industri pertanian sudah merupakan suatu hal yang mendesak dalam rangka mensejahterakan petani," ujar SYL saat membuka Rakernas DPP Nasdem Bidang Pertanian dan Maritim yang diselenggarakan Akademi Bela Negara di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

SYL mengangkat contoh di Provinsi Sulawesi Selatan yang sudah menerapkan industri pertanian.

Fraksi NasDem DPR RI Akan Kawal Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara

Salah satunya, kata dia, Provinsi Sulsel sudah melakukan eksperimen penggunaan teknologi satelit untuk menangkap gurita.

"Dengan penggunaan teknologi satelit untuk menangkap gurita, maka petani mendapatkan hasil yang sangat luar biasa dan menjadi pengekspor gurita," ungkap Wakil Ketua Bidang Otonomi dan Hubungan Daerah DPP Nasdem ini.

SYL juga menegaskan bahwa sektor pertanian merupakan sokoguru pembangunan.

Namun, dia mengakui bahwa banyak PR yang harus dibenahi dalam meningkatkan kesejahteraan petani dengan meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

"Sektor pertanian masih digambarkan sebgai sektor yang identik dengan kemiskinan dan kemiskinan terbesar ialah para petani di pedesaan. Untuk itu pemerintah berusaha mengurangi kemiskinan ini dengan memberikan subsidi kepada para petani melalui kartu tani, pupuk subsidi dan sebagainya," terang dia.

Untuk meningkatkan produktifitas petani, kata SYL maka diharapkan kerja sama dan kontribusi semua stakeholder negeri untuk membuat gerakan bersama meningkatkan hasil pertanian yang terstruktur, sistematis dan masif serta mempunyai konsep yang kuat untuk mewujudkannya.

SYL: Industri Pertanian Mendesak untuk Sejahterakan Petani

Comments