Swasta Perlu Berkontribusi Meningkatkan Ketahanan Iklim di Masa Pandemi

Nasional

News / Nasional

Swasta Perlu Berkontribusi Meningkatkan Ketahanan Iklim di Masa Pandemi

Swasta Perlu Berkontribusi Meningkatkan Ketahanan Iklim di Masa Pandemi

KEPONEWS.COM - Swasta Perlu Berkontribusi Meningkatkan Ketahanan Iklim di Masa Pandemi Laporan Wartawan Tribunnews, Glery Lazuardi JAKARTA - Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) menggelar webinar bertema Pathways to National Climate Resilience . Webinar itu sej...

Laporan Wartawan Tribunnews, Glery Lazuardi

JAKARTA - Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) menggelar webinar bertema Pathways to National Climate Resilience .

Webinar itu sejalan dengan upaya pemerintah melaluiKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menurunkan emisi gas rumah kaca.

Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ruandha Sugadirman, mengatakan sebagai pemilik hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia, Indonesia dapat berperan besar atas mitigasi perubahan iklim dunia.

Ragam Upaya PGN Tekan Penularan Covid-19 di Lingkungan Kerja dan Mitra Kerja

Menurut dia, peran itu dilakukan mulai dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemerintah berkomitmen menurunkan emisi GRK kita sebesar 29% dibandingkan scenario business as usual (BAU) dengan sumber daya sendiri dan bisa mencapai 41% dibandingkan dengan BAU dengan bantuan dunia internasional pada tahun 2030 nanti.

"Kita semua sebagai komponen bangsa dapat berkontribusi dari hal yang paling kecil dengan mengubah pola perilaku yang lebih ramah lingkungan demi warisan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang, kata dia, dalam acara webinar itu.

Untuk menyokong penurunan emisi gas rumah kaca dan pembangunan rendah karbon yang menjadi sasaran, pemerintah telah mengintegrasikan perubahan iklim serta bencana ke dalam perencanaan pembangunan baik di level nasional maupun daerah.

Bahkan, dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden 18 tahun 2020 merefleksikan perhatian pemerintah yang besar pada isu perubahan iklim.

Raden Pardede: Undang Investor, Pemerintah Juga Peduli Lingkungan

Hal ini dapat dilihat dari salah satu babnya yang secara khusus membahas lingkungan hidup, ketahanan bencana, dan perubahan iklim

Meski begitu, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Sektor usaha utamanya, dapat berperan besar dalam membantu pencapaian rencana ini.

Swasta Perlu Berkontribusi Meningkatkan Ketahanan Iklim di Masa Pandemi

Comments