Susu Formula 0-12 Bulan Dilarang Dijual Melalui Media Online

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Susu Formula 0-12 Bulan Dilarang Dijual Melalui Media Online

Susu Formula 0-12 Bulan Dilarang Dijual Melalui Media Online

KEPONEWS.COM - Susu Formula 0-12 Bulan Dilarang Dijual Melalui Media Online JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak (APPNIA) bersama sama idEA (Asosiasi e-Commerce Indonesia) - sebagai wadah pelaku perdagangan online - baru saja menggelar workshop b...

JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak (APPNIA) bersama sama idEA (Asosiasi e-Commerce Indonesia) - sebagai wadah pelaku perdagangan online - baru saja menggelar workshop bertajuk 'Sosialisasi Kebijakan Pemasaran Susu Formula untuk Anak Usia 0-12 bulan melalui Promosi Online' di Hotel JS Luwansa, Jakarta Pusat.

Workshop ini digagas terkait adanya sejumlah peraturan nasional maupun internasional yang telah mengatur wacana susu formula untuk anak usia di bawah 1 (satu) tahun.

Pasalnya, perlu diketahui, bahwa susu formula anak usia 0-12 bulan hanya bisa diperoleh melalui rekomendasi tenaga medis dan tidak boleh dipasarkan secara komersial melalui media apa pun.

Peraturan tersebut termaktub dalam Kode Etik Internasional Pemasaran Pengganti ASI oleh WHO, UU No. 36 Tahun 2009 wacana Kesehatan, dan Peraturan Pemerintah No. 33 Tahun 2012 wacana Pemberian ASI Langsung.

Pelanggaran yang terjadi seputar pemasaran susu formula di media online juga tak lepas dari ketidaktahuan dan kurangnya pemahaman para pedagang online mengenai peraturan-peraturan yang berlaku.

Padahal, masing-masing perusahaan yang memproduksi susu formula telah memiliki kebijakan dan kode etik yang mengacu sepenuhnya pada peraturan-peraturan tersebut.

Maurits Klavert, Ketua APPNIA mengatakan, APPNIA selalu menjunjung tinggi etika dalam memasarkan susu formula untuk anak usia 0-12 bulan.

"Melihat pesatnya urusan ekonomi jual beli online, kami berharap agar pemasaran susu formula di semua channel, termasuk e-commerce bisa tetap mematuhi peraturan yang berlaku," kata Maurits dalam keterangan tertulisnya kepada Jumat (10/2/2017).

Kerja sama APPNIA dengan idEA menghasilkan pedoman cara-cara yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam pemasaran susu formula untuk anak usia 0-12 bulan di media online.

Di antaranya ialah dilarang memajang produk di area promosi, dilarang menggunakan gambar dan memberikan deskripsi yang berlebihan dan tidak sesuai label, dilarang melakukan promosi penurunan harga, dilarang memberi hadiah bonus, serta dilarang memberikan produk secara cuma-cuma.

Susu Formula 0-12 Bulan Dilarang Dijual Melalui Media Online

Comments