Susah Saingi Fortnite, Ini Tanda-tanda Popularitas Apex Legends Melorot

Games

Updates / Games

Susah Saingi Fortnite, Ini Tanda-tanda Popularitas Apex Legends Melorot

Susah Saingi Fortnite, Ini Tanda-tanda Popularitas Apex Legends Melorot

KEPONEWS.COM - Susah Saingi Fortnite, Ini Tanda-tanda Popularitas Apex Legends Melorot Fortnite vs Apex Legends. Game battle royale Apex Legends, bikin kaget saat peluncurannya. Game ini bahkan mencapai jutaan pemain di beberapa hari awal peluncurannya. Bahkan game battle royale dari...
Loading...

Fortnite vs Apex Legends.

Game battle royale Apex Legends, bikin kaget saat peluncurannya. Game ini bahkan mencapai jutaan pemain di beberapa hari awal peluncurannya.

Bahkan game battle royale dari Electronic Arts (EA) ini sempat mengalahkan ketenaran Fortnite di situs streaming ternama, Twitch.

Tak heran, Apex Legends dianggap sebagai pesaing Fortnite di persaingan battle royale. Bahkan dianggap lebih kompetitif dari PUBG untuk melawat Fortnite.

Namun kini, ketenaran Apex Legends mulai menunjukkan penurunan. Nampak kalau jumlah penonton dan streamer Apex Legends melorot di Twitch.

Data dari Google Trends menunjukkan pencarian Apex Legends melonjak tinggi di bulan Februari 2019 ketika game battle royale ini sedang dirilis.

Popularitas Apex Legends di pencarian Google. (Google Trends)Ketenaran Apex Legends di pencarian Google. (Google Trends)

Namun semenjak penghujung Februari 2019, animo pencarian Apex Legends di Google menurun dan terus terjun hingga kini tak menunjukkan peningkatan.

Data lain dari StreamElements, watch time Apex Legends sempat mengungguli Fortnite pada sekitar 11 hingga 17 Februari 2019.

Namun setelahnya, Apex Legends melorot jauh. Sedangkan Fortnite cenderung lebih stabil ketika game battle royale lain melorot.

Penonton Apex Legends dibandingkan Fortnite. (StreamElements)Penonton Apex Legends dibandingkan Fortnite. (StreamElements)

Di kuartal pertama 2019 ini, Fortnite menduduki daftar terpopuler di Twitch. Game dari Epic Games ini mendapatkan 311 juta jam tayang.

Fornite sendiri mengalami penurunan 8,3 persen dibanding pencapaian sebelumnya. Namun apa yang didapatkannya tetap membuat game battle royale ini di puncak.

Sedangkan di posisi kedua ada League of Legends dengan 302 juta jam tayang. Baru ada Apex Legends di posisi ketiga dengan 182 juta jam tayang.

Daftar game terpopuler di Twitch selama kuartal pertama 2019. (StreamElements)Daftar game terpopuler di Twitch selama kuartal pertama 2019. (StreamElements)

Lalu bagaiman bisa Apex Legends yang awalnya dianggap sebagai kuda hitam, namun kini malah terus melorot? Banyak yang tidak menyangkanya.

Para analis menyebut kalau ketenaran Apex Legends melorot karena kurangnya konten baru. Berbeda dengan Fortnite yang terus berkembang dengan konten-konten populer saat ini.

Seperti kolaborasi dengan dengan Marvel untuk membawa Avenger ke Fortnite. Termasuk film terbaru Avengers: Endgame juga memeriahkan Fortnite.

Game battle royale Apex Legends. (Apex Legends)Game battle royale Apex Legends. (Apex Legends)

Selain itu, analis juga menyoroti kalau ketenaran Apex Legends di awal tidak didapatkan secara organik. Melainkan membayar streamer ternama untuk bermain Apex Legends.

Seperti Ninja yang mendapatkan bayaran tinggi dari EA untuk main game battle royale ini di awal peluncurannya. Namun setelahnya, Ninja tak main Apex Legends lagi.

EA Bayar Ninja Rp 14 Miliar untuk Streaming Apex Legends. (Instagram/ Ninja)EA Bayar Ninja Rp 14 Miliar untuk Streaming Apex Legends. (Instagram/ Ninja)

Setelah para streamer ternama ini berhenti main Apex Legends dan kembali ke Fortnite, para penontonnya pun mengikutinya.

Jikalau EA dan Respawn Entertainment tidak berbuat lebih, ketenaran Apex Legends melorot makin jauh. Bahkan bisa ditinggal para pemainnya.

Comments