Survei Terbaru Tujuh Lembaga, Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat di Pilpres, Anies Jadi Pemecah Suara

Nasional

News / Nasional

Survei Terbaru Tujuh Lembaga, Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat di Pilpres, Anies Jadi Pemecah Suara

Survei Terbaru Tujuh Lembaga, Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat di Pilpres, Anies Jadi Pemecah Suara

KEPONEWS.COM - Survei Terbaru Tujuh Lembaga, Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat di Pilpres, Anies Jadi Pemecah Suara JAKARTA - Pilpres 2024 diprediksi bakal dua putaran, jikalau ada tiga pasang kontestan yang ikut serta. Seperti diketahui, saat ini ada tiga bacapres kuat yang diminati masyarakat, adalah Prabowo Subi...

JAKARTA - Pilpres 2024 diprediksi bakal dua putaran, jikalau ada tiga pasang kontestan yang ikut serta.

Seperti diketahui, saat ini ada tiga bacapres kuat yang diminati masyarakat, adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Salah satu dari ketiga orang itu dianggap pantas untuk melanjutkan estafet kepemimpinan nasional, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) pensiun.

Hasil Survei FIXPOLL Indonesia, Masyarakat Inginkan Cawapres dari Jawa Timur

Namun, persaingan ketat terjadi antara Prabowo dan Ganjar, sementara Anies hanya menjadi pemecah suara.

Bila demikian, maka Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran.

Lembaga survei pun secara periodik melakukan survei. Berikut ini hasil survei terbaru dari tujuh lembaga:

1. Y-Publica

Elektabilitas Calon Presiden Partai Gerindra dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto teratas dalam hasil survei yang dirilis lembaga Y-Publica dengan perolehan sebanyak 25,3 persen unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei LSI Denny JA: Prabowo Strong Leader Ekonomi, Ganjar Dekat Media

Ganjar menduduki posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 24 persen disusul Anies 17,2 persen.

Efek deklarasi Capres yang dilakukan oleh PDIP untuk mengusung Ganjar sebagai capres faktanya tak membuat elektabilitas Ganjar pulih, hanya naik tipis dalam rentang sebulan setelah deklarasi, dalam rilis survei tersebut, Jumat (2/6/2023).

Adapun elektabilitas Prabowo ini naik seiring naiknya tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo yang mencapai 80,3 persen.

Hal ini mencerminkan arus besar keinginan publik untuk kelanjutan program-program Jokowi.

Survei ini dilakukan dengan memakai metode wawancara tatap muka terhadap responden terpilih sejumlah 1.200 yang mewakili dari 34 provinsi di Indonesia.

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (kiri) bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (kanan) berbincang saat melakukan pertemuan tertutup di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023).Ketua Umum PDI Usaha, Megawati Soekarnoputri (kiri) bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (kanan) berbincang saat melakukan pertemuan tertutup di Kantor DPP PDI Usaha, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023). (Warta Kota/Yulianto)

2. LSI Denny JA

Comments