Surpres soal Panglima TNI Segera Dikirim ke DPR, Mensesneg Bocorkan Sosok Calon Panglima TNI

Nasional

News / Nasional

Surpres soal Panglima TNI Segera Dikirim ke DPR, Mensesneg Bocorkan Sosok Calon Panglima TNI

Surpres soal Panglima TNI Segera Dikirim ke DPR, Mensesneg Bocorkan Sosok Calon Panglima TNI

KEPONEWS.COM - Surpres soal Panglima TNI Segera Dikirim ke DPR, Mensesneg Bocorkan Sosok Calon Panglima TNI Sekjen DPR RI, Indra Iskandar, mengungkapkan Surat Presiden (surpres) soal Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa akan dikirimkan ke DPR pada pekan depan. Indra menyebut, surpres tersebut akan...

Sekjen DPR RI, Indra Iskandar, mengungkapkan Surat Presiden (surpres) soal Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa akan dikirimkan ke DPR pada pekan depan.

Indra menyebut, surpres tersebut akan diserahkan oleh pihak Sekretariat Negara ke Ketua DPR Puan Maharani pada 28 November 2022.

Sebelumnya, surpres calon Panglima TNI batal diterima DPR pada Rabu (23/11/2022) kemarin.

"Jadi penyerahan surpres Panglima TNI itu akan diserahkan oleh Mensesneg kepada Ibu Puan tanggal 28 November," kata Indra, dikutip dari Dpr.go.id, Jumat (25/11/2022).

Indra memaparkan, penyerahan surpres ke DPR pada pekan depan lantaran Ketua DPR masih berada Pnom Penh, Kamboja.

Puan diketahui menjadi delegasi DPR RI untuk menghadiri 43th General Assembly of ASEAN Interparliamentary (AIPA).

Kelebihan KSAL Yudo Margono, Dinilai Layak Jadi Panglima TNI Gantikan Andika Perkasa

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan pihaknya sampai hari ini masih menunggu Surat Presiden (Surpres) terkait nama calon pergantian Panglima TNI.

Meski demikian, kata Dasco, perihal nama calon Panglima TNI ini merupakan hak prerogatif.

Nah sehingga kami di DPR itu karena itu merupakan hak prerogatif daripada presiden."

"Kami tentunya menunggu dan kemudian akan melakukan tahapan sesuai mekanisme apabila sudah diterima. kata Dasco saat ditemui wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Praktikno, memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi nama dalam surpres penggantian Panglima TNI.

Mensesneg membocorkan, calon Panglima yang dimaksud, ialah dari Kepala Staf, tapi bisa juga mantan kepala staf yang masih aktif.

"Kalau calon panglima TNI itu pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan gitu aja, clue-nya itu, clue-nya kan," ucap Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa.Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. (YouTube Sekretariat Presiden/Tribunnews Irwan Rismawan)

Diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada pertengahan Desember 2022 mendatang.

Comments