Sungai Tersempit di Dunia, Lebarnya Hanya Beberapa Sentimeter

Unik

Ragam / Unik

Sungai Tersempit di Dunia, Lebarnya Hanya Beberapa Sentimeter

Sungai Tersempit di Dunia, Lebarnya Hanya Beberapa Sentimeter

KEPONEWS.COM - Sungai Tersempit di Dunia, Lebarnya Hanya Beberapa Sentimeter Sungai Hualai, di Tiongkok, tampaknya merupakan sungai tersempit di dunia, hanya berukuran beberapa puluh sentimeter pada titik terlebarnya. Pada titik terluasnya, Amazon mempunyai lebar lebih dari 10...

Sungai Hualai, di Tiongkok, tampaknya merupakan sungai tersempit di dunia, hanya berukuran beberapa puluh sentimeter pada titik terlebarnya.

Pada titik terluasnya, Amazon mempunyai lebar lebih dari 10 Km selama musim kemarau, dan lebar bisa sampai 48 km selama musim hujan.

Ini ialah sungai terluas di dunia, tetapi meskipun ada banyak sungai lain dengan lebar setidaknya satu mil pada titik terlebarnya, lebar bukanlah karakteristik sungai yang menentukan. Faktanya, ada sungai di Tiongkok yang sangat sempit sehingga Kamu dapat dengan mudah melewatinya.

Sungai Hualai, di Dataran Tinggi Mongolia Dalam di Tiongkok utara, panjangnya lebih dari 17 kilometer tetapi mempunyai lebar rata-rata hanya 15 sentimeter. Pada bagian tersempit, lebarnya hanya 4 cm.

Sulit dipercaya bahwa sungai seperti Hualai benar-benar ada, tetapi menurut para ahli Tiongkok, sungai itu telah mengalir melalui padang rumput Gongger setidaknya selama 10.000 tahun. Rupanya, itu berasal dari mata air bawah tanah dan mengalir ke Danau Dalai Nur di cagar alam Hexigten Grasslands.

Meskipun beberapa orang akan mengatakan bahwa Hualai terlalu sempit untuk dianggap sebagai sungai, faktanya ukuran bukanlah faktor pembeda antara sungai, dan anak sungai. Hualai merupakan badan air permanen, mengalir terus sepanjang tahun, dan mempunyai semua elemen penyamaran sungai, seperti cekungan yang jelas, padang rumput banjir, dll.

Hualai juga dikenal sebagai Sungai Jembatan Buku , karena cerita rakyat yang melibatkan seorang anak laki-laki yang tersandung saat mencoba menyeberangi sungai, menjatuhkan bukunya tepat di salah satu bagian tersempit Hualai. Buku itu menjadi jembatan yang berguna bagi semut yang berusaha untuk sampai ke seberang, dan nama Jembatan Buku Sungai menjadi permanen.

Meskipun Sungai Hualai tidak terlalu lebar, ia mempunyai kedalaman hingga 50 sentimeter. (yn)

Sumber: odditycentral

Comments