Sunat Bisa Cegah Kanker Penis hingga HIV Loh

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Sunat Bisa Cegah Kanker Penis hingga HIV Loh

Sunat Bisa Cegah Kanker Penis hingga HIV Loh

KEPONEWS.COM - Sunat Bisa Cegah Kanker Penis hingga HIV Loh SUNAT tidak hanya dilakukan sekadar untuk menjalani kewajiban seorang Muslim. Di balik itu, sunat punya banyak manfaat, tak terkecuali mencegah HIV dan kanker penis bagi laki-laki. Sunat merupakan tin...

SUNAT tidak hanya dilakukan sekadar untuk menjalani kewajiban seorang Muslim. Di balik itu, sunat punya banyak manfaat, tak terkecuali mencegah HIV dan kanker penis bagi laki-laki.

Sunat merupakan tindakan membuang kulup dari penis. Karena di bagian dalam kulup tertimbun banyak smegma yang diproduksi sel-sel mukosa, jangan dibiarkan kulup itu menutupi penis.

Produksi smegma tersebut bila dibiarkan bisa terjadi infeksi dan gatal. Maka itu, harus dihilangkan supaya lebih aman.

Maka itu, harus dihilangkan supaya lebih aman.

Sementara itu, dr Mahdian Nur Nasution, SpBS memaparkan, manfaat dari sunat dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Selain itu dapat mencegah penyakit seksual menular pada pria, termasuk HIV.

"Untuk jangka panjang sunat bisa mencegah kanker penis," kata dr Mahdian dalam Diskusi Media Sunat Tanpa Jarum Suntik oleh Rumah Sunatan, di daerah Matraman, Jakarta Timur, Selasa (18/6/2019).

Dokter Mahdian menerangkan, ketika laki-laki belum disunat, panjang kulupnya menutup bagian ujung penis dengan adanya lipatan-lipatan. Risikonya banyak kuman bersarang, apalagi hasil sisa kencing bisa juga mengkristal.

Risikonya banyak kuman bersarang, apalagi hasil sisa kencing bisa juga mengkristal.

Juga pada proses hubungan seksual, kulit itu akan bergesek-gesek di bagian dalam Miss V. Mukosanya akan mudah lepas, sehingga akan terjadi lecet. Di saat itu, keluar serum luka atau muncul kuman HIV.

"Kalau sudah sunat lebih licin, lebih pas hanya ada di batang. Sehingga pada saat hubungan seksual, gesekannya tidak terlalu berisiko lecet," tutur dr Mahdian.

Comments