Sumenep Jagokan Pulau Awet Muda sebagai Destinasi Wisata Unggulan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Sumenep Jagokan Pulau Awet Muda sebagai Destinasi Wisata Unggulan

Sumenep Jagokan Pulau Awet Muda sebagai Destinasi Wisata Unggulan

KEPONEWS.COM - Sumenep Jagokan Pulau Awet Muda sebagai Destinasi Wisata Unggulan Kamis, 13 April 2017 | 19:29 WIBGerakan Yoga Side Plank Pose di pantai Gili Labak, Sumenep, Madura. Manfaat gerakan ini untuk : memperkuat lengan, tubuh bagian tengah, kaki dan pergelangan tangan, mem...

Kamis, 13 April 2017 | 19:29 WIB

Sumenep Jagokan Pulau Awet Muda sebagai Destinasi Wisata Unggulan

Gerakan Yoga Side Plank Pose di pantai Gili Labak, Sumenep, Madura. Manfaat gerakan ini untuk : memperkuat lengan, tubuh bagian tengah, kaki dan pergelangan tangan, memperbaiki keseimbangan dan fokus, dan dianggap dapat meredakan depresi dan kecemasan. Tempo/Rita Nariswari

Jakarta - Bupati Sumenep A. Busyro Karim memberikan Pulau "awet muda" Giliyang dan Pulau Gili Labak untuk menjadi destinasi pariwisata unggulan Provinsi Jawa Timur pada pembukaan Majapahit Travel Fair (MTF) 2017.

Dalam pidato sambutannya Busyro menunjukkan keindahan alam berikut keunikan dari dua pulau tersebut sekaligus memaparkan atraksi wisata lainnya di Kabupaten Sumenep.

"Pulau Giliyang telah lama dikenal bisa membuat penduduknya awet muda karena kadar oksigen di sana mencapai sekitar 21 persen. Kondisi semacam itu hanya ditemukan di Pulau Giliyang dan satunya lagi di Yordania," kata Busyro di Surabaya, Kamis, 13/4.

Bupati Sumenep lalu menguraikan keunggulan wisata alam wilayahnya juga atraksi lain seperti wisata budaya, religi, sejarah, buatan, dan minat khusus. "Pemerintah Kabupaten Sumenep telah mengagendakan sejumlah acara untuk menarik minat wisatawan pada tahun ini, diantaranya Wisata Mancing Internasional pada 12 sampai 13 Mei," tambahnya.

Festival wisata lain yang akan digelar oleh Pemkab, diantaranya acara bersepeda "Gowes Nusantara", kegiatan budaya "Batik on the Sea" di Pelabuhan Kalianget di bulan Agustus, Festival Istiadat Sumenep pada 14 sampai 16 September, dan Pameran Pembersihan pada Oktober 2017.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Jawa Timur Jariyanto menyebutkan wilayahnya memiliki sekitar 784 aneka ragam destinasi wisata yang tersebar di 29 Kabupaten.

Artinya, menurut Jariyanto Jawa Timur punya potensi yang perlu terus didalami agar dapat meningkatkan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Target kami wisatawan nusantara (wisnus) dapat meningkat sekitar 56 juta orang, nilainya memang bertambah sedikit dibanding pencapaian tahun lalu di kisaran 54 juta orang," kata Jariyanto.

Dengan begitu, pameran pariwisata seperti Majapahit Travel Fair yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Pemprov Jatim diharapkan dapat memperkuat hubungan antarpelaku usaha serta pemerintah demi meningkatkan jumlah kunjungan.

Majapahit Travel Fair ialah pameran pariwisata internasional yang digelar tiap tahun oleh Pemprov Jatim. Pameran kali ini telah memasuki tahun ke-18 dan turut didukung oleh Kementerian Pariwisata.

Tahun ini, MTF 2017 memasuki tahun ke-18 dan pihak Pemprov menggandeng Asosiasi Agen Perjalanan Indonesia (ASITA) sebagai mitra pelaksana pameran.

ANTARA

Comments