Sumba Gelar Festival Tenun Ikat dan Parade Ribuan Kuda Sandelwood

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Sumba Gelar Festival Tenun Ikat dan Parade Ribuan Kuda Sandelwood

Sumba Gelar Festival Tenun Ikat dan Parade Ribuan Kuda Sandelwood

KEPONEWS.COM - Sumba Gelar Festival Tenun Ikat dan Parade Ribuan Kuda Sandelwood Jum'at, 31 Maret 2017 | 08:02 WIBSejumlah pria Sumba melemparkan lembing diatas kuda ketika festival perang Pasola di Desa Ratenggaro di Pulau Sumba (22/3). Pasola, sebuah ritual kuno, melibatkan dua...

Jum'at, 31 Maret 2017 | 08:02 WIB

Sumba Gelar Festival Tenun Ikat dan Parade Ribuan Kuda Sandelwood

Sejumlah pria Sumba melemparkan lembing diatas kuda ketika festival perang Pasola di Desa Ratenggaro di Pulau Sumba (22/3). Pasola, sebuah ritual kuno, melibatkan dua tim laki-laki di atas kuda pengisian terhadap satu sama lain ketika mencoba untuk memukul lawan mereka dengan 'pasol' lembing. Ulet Ifansasti/Getty Images

Kupang - Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengatakan Festival Tenun Ikat dan parade ribuan kuda sandelwood di Pulau Sumba akan menonjolkan potensi daerah tersebut sebagai lumbung ternak.

Baca; Kuda Sandelwood Siap Antar Turis Berkeliling Pulau Sumba

Marius mengatakan Pulau Sumba merupakan salah satu pusat populasi ternak besar, seperti kuda, sapi, kerbau, selain Pulau Timor. Bahkan produksi ternak Sumba pernah diekspor ke luar negeri.

Jadi festival itu tidak hanya memotivasi masyarakat untuk memelihara kuda, namun juga menonjolkan Sumba sebagai daerah lumbung ternak di Nusa Tenggara Timur," kata Marius, di Kupang, Kamis, 30/03.

Menurut Marius kuda sandelwood di daerah itu sudah terkenal ke banyak sekali belahan dunia sebagai tunggangan yang tangguh dan cepat. "Kami ingin promosikan (lagi) bahwa satu-satunya populasi kuda sandelwood hanya ada di Sumba," katanya.

Kelihaian kuda sandelwood, kata Marius, selama ini menarik kunjungan wisatawan melalui atraksi budaya Pasola yang diadakan setiap tahun.

Marius mengatakan pemerintah daerah setempat tengah merancang agar "branding" kuda sandelwood langsung ditampilkan ketika Presiden Jokowi menghadiri kegiatan tersebut. "Kalau bisa beliau (Presiden Jokowi) juga sejenak menunggangi sandelwood," kata dia.

Marius bersama bupati Sumba Barat Daya telah bertemu Menteri Sekretariat Negara Pratikno untuk berkoordinasi jadwal Presiden Jokowi . "Pak Pratikno mengatakan Presiden Jokowi ingin bertemu dengan para peternak di Sumba, sehingga momentumnya sangat pas," kata dia.

Adapun dalam Festival Tenun Ikat akan diikuti 2.017 penenun dari seluruh bagian Sumba. Para penenun akan memeragakan aktivitas menenun mulai dari pencampuran warna untuk kain, hingga proses menjadi kain atau selendang.

ANTARA

Comments