Sulit bikin rencana keuangan? Permainan ini bisa bantu para nasabah

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Sulit bikin rencana keuangan? Permainan ini bisa bantu para nasabah

Sulit bikin rencana keuangan? Permainan ini bisa bantu para nasabah

KEPONEWS.COM - Sulit bikin rencana keuangan? Permainan ini bisa bantu para nasabah Generasi millenial khususnya di Jakarta ketika ini memang memiliki gaya hidup yang cukup tinggi. Hal itu pula yang membuat kebanyakan masyarakatnya cenderung boros karena ingin selalu memuaskan hasrat...

Generasi millenial khususnya di Jakarta ketika ini memang memiliki gaya hidup yang cukup tinggi. Hal itu pula yang membuat kebanyakan masyarakatnya cenderung boros karena ingin selalu memuaskan hasrat membeli sesuatu tanpa memikirkan jangka panjang.

Melihat hal tersebut, PT Bank Commonwealth memberikan pelatihan yang dikombinasikan dengan permainan kepada Nasabah menggunakan Praxis. Di mana di akhir permainan, nasabah akan mendapatkan gambaran kesejahteraan masa tua mereka sesuai keputusan-keputusan finansial yang diambil selama bermain.

"Dengan metode seperti ini, kami berharap mereka dapat menyerap pengalaman secara sederhana perihal cara kerja dan manfaat instrumen keuangan termasuk investasi melalui reksa dana dan asuransi. Dari pemahaman itulah, diharapkan lahir keinginan untuk terus meningkatkan kemapanan lewat rencana keuangan jangka panjang," ungkap Rustini Dewi, Director of Retail Banking Bank Commonwealth di Jakarta, Selasa (30/5).

Sementara itu, Head of Wealth Management and Customer Segments Bank Commonwealth, Ivan Jaya mengatakan ketika ini banyak orang yang menganggap melakukan perencanaan keuangan sangat sulit. Dengan adanya metode ini, menjadikan hal tersebut sebagai kegiatan yang mudah serta fun.

"Setelah memberikan pengalaman nyata melalui simulasi perencanaan keuangan, nasabah akan mulai berpikir wacana kebutuhan dan solusi finansial yang tepat, ungkapnya.

Ivan pun menyarankan, kalau ingin memulai melakukan perencanaan keuangan yang tepat, ada beberapa langkah utama yang bisa dilakukan untuk menetapkan tujuan keuangan di masa depan.

"Dimulai dari membedakan antara kebutuhan dan keinginan, melakukan investasi secara terencana dengan konsisten, dan terakhir mempersiapkan diri menghadapi masa-masa sulit," tutup Ivan.

Edukasi melalui game ini rencananya akan dilakukan di lima kota tempat Bank Commonwealth beroperasi, yaitu Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Bandung mulai dari Mei hingga Juli 2017.

(fen)

Comments