Sukses pangkas bobot hingga 17 kg, ini 11 pola makan istri Indra Bekti

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Sukses pangkas bobot hingga 17 kg, ini 11 pola makan istri Indra Bekti

Sukses pangkas bobot hingga 17 kg, ini 11 pola makan istri Indra Bekti

KEPONEWS.COM - Sukses pangkas bobot hingga 17 kg, ini 11 pola makan istri Indra Bekti foto: Instagram/@dhila_bekti Melakukan diet bersama sang suami, Indra Bekti, Dhila Bekti pun kini mulai menuai hasil dari pro...
Sukses pangkas bobot hingga 17 kg, ini 11 pola makan istri Indra Bekti foto: Instagram/@dhila_bekti

Melakukan diet bersama sang suami, Indra Bekti, Dhila Bekti pun kini mulai menuai hasil dari proses penurunan berat badan tersebut. Pemilik nama asli Aldila Jelita ini mengaku pernah mempunyai berat badan hingga 76 kg, sehingga membuatnya tergerak untuk menurunkan berat badan demi hidup yang lebih sehat.

Lewat usaha keras dan konsistensinya dalam melakukan diet, ia pun menuai hasil yang memuaskan. Dhila Bekti mengaku sukses menurunkan berat badan hingga 17 kg. Tak hanya itu, lingkar pinggang pun kini menyusut sampai 17 cm.

"Yang pasti sekarang happy dengan hasil diriku..
Perlahan tapi insya Allah memuaskan dan selalu bikin sehat tubuh.
Bye 17kg," ungkap Dhila Bekti dikutip dari Instagram/@dhila_bekti.

Mempunyai riwayat penyakit efusi pleura yang menyerang paru-paru membuat istri Indra Bekti ini tentu tidak bisa diet sembarangan. Oleh karena itu, dia berkonsultasi dengan seorang dokter gizi supaya diet yang dilakukan tetap aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Melalui akun Instagram pribadi, Dhila Bekti sering membagikan perjalanan diet yang dijalani tersebut. Dengan olahraga ringan dan mengubah pola makan, Dhila Bekti berhasil menurunkan berat badan secara sehat. Dia pun selalu menekankan untuk selalu menjaga asupan makanan jikalau menjalani diet.

Alhasil, tubuhnya pun menjadi lebih sehat dengan bonus berat badan yang lebih ideal. Nah, kira-kira bagaimana pola makan yang diterapkan Dhila Bekti ini, ya? Yuk simak ulasannya, dilansir BrilioFood dari banyak sekali sumber pada Senin (16/5).

1. Konsumsi makanan sehat.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: unsplash.com

Mengonsumsi makanan sehat merupakan hal penting yang dilakukan Dhila Bekti selama dietnya. Pasalnya, makanan yang sehat merupakan penunjang dari penurunan berat badan secara sehat tanpa efek samping.

Dhila Bekti sendiri mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, serat, karbohidrat baik, dan lemak tak jenuh. Ia pun tak pernah bosan untuk mengingatkan para pengikutnya agar selalu makan sehat.

"Ayooo yg mau hidup sehat diinget
mau diet bukan gak makan yah..
tetep makan tp makanan sehat yaa saymakanan dari ciptaaan Allah swt..cuzz semangat say!!" Tulisnya dalam Instagram/@dhila_bekti.

2. Hindari tepung.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: unsplash.com

Selain itu, perubahan pola makan yang dilakukan Dhila Bekti merupakan dengan mengurangi konsumsi tepung. Dilansir dari healthfully.com, penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa biji-bijian olahan, seperti tepung dapat menyebabkan peningkatan lemak di perut.

Hal ini selaras dengan yang diungkapkan dalam Instagram pribadinya. Menurut ibu tiga orang anak ini, diet sehat harus mengontrol daya makan dengan menghindari tepung.

"Dengan diet sehat ini daya makan yg tetap sehat dan jangan nakal makan tepung dan yg utama harus mamam yah biar tetap ada yg dibakar oleh tubuh," ungkap Dhila dalam salah satu unggahannya.

3. Makan 3 kali sehari.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: Instagram/@dhila_bekti

Walaupun diet, Dhila Bekti tetap rajin makan hingga 3 kali dalam satu hari. Dengan makan teratur, metabolisme tubuh jadi lebih seimbang sehingga proses penurunan berat badan jadi lebih lancar.

Seperti dilansir dari nhs.uk, makan teratur dapat membantu tubuh jadi tidak mudah lapar, sehingga bisa terhindar dari godaan ngemil makanan lain, terutama yang tinggi lemak dan gula.

4. Penuhi asupan protein.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: YouTube/Aldila Jelita

Protein jadi salah satu nutrisi penting dalam proses penurunan berat badan. Dhila Bekti sendiri memenuhi asupan protein tidak hanya dari makanan, namun juga minuman, salah satunya dengan mengonsumsi susu tinggi protein. Makanan atau minuman berprotein cenderung membuat tubuh kenyang lebih lama dan bisa jadi cadangan energi yang baik.

"Protein tinggi ini agar tidak laper, bisa pengganti makanan juga," ungkap Dhila Bekti dilansir dari YouTube/Aldila Jelita.

5. Ganti nasi putih dengan nasi merah.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: freepik.com

Selama diet, Dhila Bekti pun mengganti sumber karbohidrat dengan makanan yang lebih sehat. Seperti penggunaan nasi putih yang diganti dengan nasi merah saat menyantap menu makan sehari-hari.

Dilansir dari healthshots.com, nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang membuat perut kenyang lebih lama, dan bikin pencernaan lebih lancar karena tinggi serat. Tak heran bila nasi merah sering jadi pilihan untuk menu makan saat diet.

6. Menghindari makanan manis.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: freepik.com

Makanan tinggi gula memang dikenal dapat meningkatkan berat badan. Tidak heran bila kemudian Dhila Bekti pun menghindari jenis makanan ini untuk membuat proses diet yang dijalani lebih efektif.

Seperti dilansir dari verywellfit.com, mengurangi makanan manis atau gula bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan risiko penyakit lain, seperti diabetes hingga penyakit jantung.

7. Camilan buah-buahan.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebagai pengganti makanan manis, Dhila Bekti mengonsumsi buah-buahan bila yang lebih sehat, namun mempunyai rasa manis yang enak. Buah-buahan mengandung serat yang tinggi dengan kalori lebih rendah.

Dilansir dari healthline.com, buah bisa jadi camilan yang sehat karena tinggi vitamin, serat, dan nutrisi lain yang menyokong pola makan sehat.

8. Atur porsi makan.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: Instagram/@dhila_bekti

Mengatur porsi makan jadi hal penting dalam penerapan pola makan sehat bagi Dhila Bekti. Meskipun makan 3 kali dalam sehari, Dhila Bekti mengatur porsi makanan sedemikian rupa supaya semua nutrisi bisa seimbang.

Dilansir dari narayanahelath.org, nutrisi yang seimbang pada makanan dapat meningkatkan energi, fungsi tubuh, memperkuat sistem imun, dan mencegah penambahan berat badan.

9. Tidak menerapkan diet ekstrem.

foto: Instagram/@dhila_bekti

Dhila Bekti tidak melakukan diet ekstrem yang instan. Menurutnya, hal ini cenderung bisa menimbulkan efek tertentu pada tubuhnya dan jadi tidak sehat.

"Memang aq gak neko neko ngebut dalam dietnya tp alhamdulillah kesehatan ku sudah more better dengan hidup yang sehat dengan cara dari dokter," tulis Dhila Bekti di Instagram pribadinya.

10. Sesekali konsumsi madu.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: freepik.com

Di antara makanan sehat yang dikonsumsi Dhila Bekti, madu jadi salah satu makanan yang sesekali dikonsumsi karena alasan kesehatan. Tak hanya itu, madu juga mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan, lho. Dilansir dari ndtv.com, mengonsumsi madu bisa membakar kalori pada tubuh sehingga cocok juga dikonsumsi saat diet.

11. Hindari makanan yang digoreng.

pola makan Dhila Bekti berbagai sumber

foto: Instagram/@dhila_bekti

Makanan yang digoreng cenderung mengandung minyak dalam jumlah banyak. Hal ini pun berdampak pada penumpukan lemak dalam tubuh. Tidak heran bila kemudian Dhila Bekti turut mengurangi jenis makanan satu ini.

Dilansir dari timesnownews.com, makanan berminyak bisa memicu peningkatan berat badan dan obesitas. Selanjutnya, Dhila Bekti pun sering mengonsumsi makanan yang direbus sebagai menu sehatnya.

(mal)

Comments