Suka Ngemil tapi Gak Mau Gemuk? Cobain Deh di Waktu-Waktu Ini

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Suka Ngemil tapi Gak Mau Gemuk? Cobain Deh di Waktu-Waktu Ini

Suka Ngemil tapi Gak Mau Gemuk? Cobain Deh di Waktu-Waktu Ini

KEPONEWS.COM - Suka Ngemil tapi Gak Mau Gemuk? Cobain Deh di Waktu-Waktu Ini JAKARTA - Siapa yang tidak suka ngemil? Sayangnya, ngemil bisa membuat berat badan naik. Tapi jangan khawatir, selama waktu untuk ngemil tepat, berat badan Kamu akan tetap terkendali, kok. Penasaran k...

JAKARTA - Siapa yang tidak suka ngemil? Sayangnya, ngemil bisa membuat berat badan naik. Tapi jangan khawatir, selama waktu untuk ngemil tepat, berat badan Kamu akan tetap terkendali, kok. Penasaran kapan saja waktu terbaik untuk ngemil? Simak ulasan berikut ini seperti dilansir dari hellosehat.com.

Kapan saja waktu untuk ngemil yang aman bagi berat badan?

Sebenarnya ngemil itu tidak selalu buruk, ada manfaat yang bisa Kamu dapatkan dari kebiasaan ini. Apakah manfaatnya? Ngemil bisa menyediakan energi tambahan supaya tubuh Kamu tetap bisa beraktivitas dengan baik. Tapi, sebagian besar orang menerapkan kebiasaan ngemil ini dengan salah.

Pakai Maskara Berusia 20 Tahun, Wanita Ini Malah Jadi Buta

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Dilansir dari Women s Health, sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University menunjukkan bahwa waktu makan atau ngemil yang tidak cocok dengan ritme sirkadian (jam biologis tubuh) malah bisa membuat kadar gula darah melonjak 18% lebih tinggi dan insulin harus bekerja lebih keras. Selain itu, kebiasaan ngemil yang tidak diseimbangi dengan aktivitas fisik juga bisa memicu naiknya berat badan.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk ngemil? Berikut waktu untuk ngemil yang paling baik untuk Kamu.

1. Dua sampai empat jam setelah waktu makan sebelumnya

Tubuh dapat bekerja secara maksimal selama 2 sampai 4 jam setelah makan. Selama itu pula tubuh mencerna makanan yang Kamu makan sebelumnya. Setelah melewati waktu tersebut, Kamu boleh menikmati camilan yang Kamu di simpan di kulkas. Bila Kamu menahan untuk tidak makan atau ngemil lebih dari 4 jam, metabolisme di dalam tubuh akan menurun dan gula darah akan menjadi rendah. Apa yang Kamu rasakan saat itu? Ya, Kamu pasti kelaparan.

Kondisi ini bisa membuat nafsu makan Kamu memuncak dan akhirnya makan lebih banyak dari porsi seharusnya. Kesalahan waktu ngemil inilah yang kadang membuat berat badan tidak terkendali. Alih-alih menghindari ngemil, Kamu malah makan lebih banyak dari biasanya.

Biasanya hal ini sering terjadi ketika Kamu sedang bekerja di kantor atau mengikuti mata kuliah. Nah, Kamu terhindar dari waktu ngemil yang salah, sediakan makanan kecil, seperti snack kedelai. Selain memberi Kamu energi, camilan dari kedelai mengandung serat tinggi sehingga bisa menunda rasa lapar sampai waktu makan tiba.

2. Setelah beraktivitas lebih dari satu jam, contohnya olahraga

Olahraga membuat otot bekerja lebih keras untuk menghasilkan energi lebih banyak. Apalagi kalau dilakukan lebih dari satu jam. Penting bagi Kamu untuk menggantikan energi tubuh yang hilang dengan makanan berkalori dan membangun kembali otot yang telah rusak dengan makanan berprotein. Inilah waktu yang tepat bagi Kamu untuk ngemil. Bila aktivitas atau olahraga yang dilakukan kurang dari satu jam dengan intensitas rendah, Kamu tidak membutuhkan makanan camilan. Kamu harus menunggu jam makan selanjutnya.

IlustrasiFoto: Shutterstock

3. Sebelum tidur

Bukankah ngemil sebelum tidur bisa menambah berat badan? Tidak selalu, kok. Ngemil sebelum tidur, tidak akan langsung berubah menjadi lemak dan menaikkan berat badan Kamu. Waktu terbaiknya merupakan beberapa jam setelah makan malam. aemilan kecil sebelum tidur ini bisa membantu Kamu tidur lebih nyenyak. Asalkan, pilihan camilannya juga harus diperhatikan.

Kecil-Kecil Cabe Rawit, 4 Anak Ini Punya Penghasilan Selangit!

4. Setelah sarapan sebelum masuk waktu makan siang

Sekitar pukul 9 atau 10, pasti banyak orang yang merasa lapar. Apalagi kalau sarapan yang dimakan hanya segelas teh manis dengan roti isi selai atau sereal saja karena telat bangun dan buru-buru sehingga tidak bisa menyiapakan sarapan. Nah, pada jam kritis tersebut Kamu boleh, kok untuk ngemil. Tapi, bila sarapan yang Kamu makan sudah mencakup karbohidrat, lemak sehat, protein lengkap dengan buah atau sayur, Kamu tidak perlu camilan lagi selama perut tidak terasa lapar.

(ris)

Comments