Suka Menahan Buang Air Kecil? Awas Kena ISK dan Batu Ginjal!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Suka Menahan Buang Air Kecil? Awas Kena ISK dan Batu Ginjal!

Suka Menahan Buang Air Kecil? Awas Kena ISK dan Batu Ginjal!

KEPONEWS.COM - Suka Menahan Buang Air Kecil? Awas Kena ISK dan Batu Ginjal! Ketika sibuk melakukan sesuatu, terkadang seseorang malas untuk buang air kecil. Mereka lebih memilih untuk menahannya karena merasa tanggung dengan apa yang dikerjakannya. Padahal kebiasaan menahan b...

Ketika sibuk melakukan sesuatu, terkadang seseorang malas untuk buang air kecil. Mereka lebih memilih untuk menahannya karena merasa tanggung dengan apa yang dikerjakannya.

Padahal kebiasaan menahan buang air kecil sangatlah buruk, seseorang berisiko mengalami infeksi saluran kemih Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Tunggul D. Situmorang, SpPD-KGH.

Menurutnya meski bisa menyebabkan kerusakan otot pada saluran kecing, namun prilaku suka menahan buang air kecil tidak akan merusak secara langsung. Kerusakan akan muncul apabila kebiasaan ini telah terpupuk dan dilakukan secara terus menerus.

tahan pipis

Merusak langsung sih tidak, tapi kalau terus-terusan baru bisa menimbulkan risiko kerusakan. Menahan buang air kecil kan membuat saluran kencing menjadi bertekanan tinggi. Maka akan terjadi refluks (peredaran balik urine dari kandung kemih menuju ginjal). Urine akan naik ke atas, melebar, infeksi dan ototnya pun bisa terganggu, terang dr. Tunggul kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Selanjutnya

Comments