Suka Menahan Bersin, Ini Bahaya yang Bakal Dialami Tubuh

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Suka Menahan Bersin, Ini Bahaya yang Bakal Dialami Tubuh

Suka Menahan Bersin, Ini Bahaya yang Bakal Dialami Tubuh

KEPONEWS.COM - Suka Menahan Bersin, Ini Bahaya yang Bakal Dialami Tubuh SEMUA orang pastinya pernah mengalami bersin. Terkadang bersin kerap mengganggu aktivitas yang sedang Kamu kerjakan. Alhasil tak sedikit orang yang memutuskan untuk menahan bersin agar tidak merugikan...

SEMUA orang pastinya pernah mengalami bersin. Terkadang bersin kerap mengganggu aktivitas yang sedang Kamu kerjakan. Alhasil tak sedikit orang yang memutuskan untuk menahan bersin agar tidak merugikan orang di sekitar Kamu.

Beberapa orang memang sengaja melakukan hal ini dengan alasan kesopanan. Mereka tidak ingin membuat orang yang berada di sekitarnya merasa risih dengan suara dan kuman penyakit yang keluar saat Kamu bersin. Namun, apakah tindakan ini dapat menyebabkan risiko kerugian pada diri Kamu?

Belum lama ini seorang pria berusia 34 tahun dilarikan ke rumah sakit karena hampir tidak bisa menelan atau berbicara, setelah mencoba untuk menahan bersinnya. Menurut sebuah laporan, pria itu mengatakan kepada para dokter bahwa setelah menahan bersinnya, dia merasakan sensasi popping dan mengalami pembengkakan di lehernya.

Deretan Wanita Tercantik Dunia Sepanjang Masa, Siapa Sajakah?

Setelah mengalami gejala tersebut, pria malang ini mulai kesulitan menelan, ditambah dengan rasa sakit yang luar biasa. Tak lama setelah itu, dia mulai kehilangan suaranya. Bahkan, dokter yang memeriksanya mengaku telah mendengar suara yang aneh, mulai dari leher hingga tulang rusuknya.

Sebagaimanya dilansir Times of India, Kamis (4/10/2018), penasaran dengan apa yang terjadi, dokter pun memilih proses scan. Sari hasil yang diperoleh, sang pasien ternyata telah merobek pharynx-nya yang mengakibatkan gelembung udara masuk ke jaringan dalam dadanya.

Ketika pasien diizinkan pulang setelah seminggu dirawat di rumah sakit, pria ini diperingatkan untuk tidak menghalangi kedua lubang hidung saat bersin.

Sebagaimana diketahui, hidung akan bereaksi atau menggelitik ketika benda asing termasuk debu, serbuk sari atau bahkan asap dari kendaraan masuk ke lubang hidung Kamu. Bersin merupakan cara alami bagi hidung untuk membersihkan iritasi. Bersin akan melepaskan air, lendir serta udara dari hidung dengan kekuatan luar biasa.

Kondisi cuaca yang dingin dan alergi dapat menyebabkan Kamu mengalami lebih banyak bersin karena tubuh bekerja tanpa lelah untuk menghilangkan partikel asing yang mungkin telah masuk.

Oleh karena itu Kamu seharusnya tidak boleh menahan bersin. Bila Kamu menahan bersin maka hal itu dapat menyebabkan banyak komplikasi serius termasuk kerusakan pendengaran. Udara yang terperangkap di dada dan tulang rusuk akan patah dan menyebabkan terjadinya bersin.

Kalau tidak mempunyai tisu atau sapu tangan, Kamu dapat memakai lengan bagian atas atau siku untuk menutupi bersin. Seseorang yang telah bersin pun wajib untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.

Viral, Rayakan Ulang Tahun Anak, Ibu Ini Tak Sengaja Bikin Kue Mirip Vagina

Menurut spesialis THT, mencoba untuk menahan bersin secara kuat dapat menyebabkan banyak komplikasi dan aneurisma otak yang mematikan. Oleh alasannya adalah itu para pakar menyarankan Kamu untuk tidak menahan bersin setiap kali Kamu merasakan gatal pada hidung Kamu. Semuanya wajib dilakukan demi kesehatan Kamu sendiri.

(dno)

Comments