Suka makanan pedas? Yuk bikin tteokbokki, jajanan khas Korea Selatan

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Suka makanan pedas? Yuk bikin tteokbokki, jajanan khas Korea Selatan

Suka makanan pedas? Yuk bikin tteokbokki, jajanan khas Korea Selatan

KEPONEWS.COM - Suka makanan pedas? Yuk bikin tteokbokki, jajanan khas Korea Selatan Kalau kamu penggemar drama Korea pasti tahu betul dong jajanan yang satu ini? Ya, tteokbokki dengan rasa pedas ini memang sering terlihat dalam drama maupun film Korea. Penganan ini sangat cocok buat...
Loading...

Kalau kamu penggemar drama Korea pasti tahu betul dong jajanan yang satu ini? Ya, tteokbokki dengan rasa pedas ini memang sering terlihat dalam drama maupun film Korea. Penganan ini sangat cocok buat kamu yang suka sama makanan pedas.

Tteokbokki sendiri terdiri dari ttoek atau kudapan manis beras yang terbuat dari tepung beras, kemudian dimasak dalam bumbu gochujang atau pasta cabai Korea yang bercita rasa pedas dan manis. Tteok yang digunakan dalam makanan ini biasanya berbentuk batang atau silinder.

Selain dengan bumbu pedas, tteokbokki juga memiliki beberapa varian lainnya. Seperti haemul tteokbokki yang dicampur dengan makanan laut, gungjung tteokbokki yang menggunakan bumbu kecap asin, dan juga tteokbokki keju. Pastinya jajanan khas Korea ini bakal menggugah selera makanmu.

Nah biar nggak penasaran dan cuma bisa lihat doang di drama, mending coba bikin sendiri tteokbokki di rumah yuk! Berikut resep dan cara membuatnya yang lansir dari cookpad.com, Kamis (22/2).

Bahan tteok/kudapan manis beras:

1. 250 gr tepung beras
2. 2 sdm tepung tapioka
3. Air secukupnya
4. Minyak wijen atau sayur secukupnya

Bahan Gochujang:

1. 5 buah cabai merah keriting
2. 2 buah cabai rawit
3. 1 siung bawang putih
4. 1 sdm kecap asin
5. 1 sdm cuka
6. 1 sdm gula pasir
7. 2 sdm saus cabai botolan
8. 1 sdm tepung ketan
9. Air secukupnya
10. Bakso/fillet ayam kukus/otak-otak ikan (pilih sesuai selera)

Bahan taburan:
1. 1 helai daun bawang, cincang
2. Biji wijen secukupnya

Cara membuat:

1. Campur semua bahan kudapan manis beras, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai kalis. Bila sudah kalis, bentuk adonan menjadi panjang lurus. Lalu potong-potong sesuai selera, olesi dengan minyak agar tidak lengket. Setelah siap, rebus hingga matang dan tiriskan.

2. Haluskan semua bahan saus gochujang dengan blender. Untuk tingkat kepedasan bisa menyesuaikan selera masing-masing, maka jumlah cabai juga bisa ditambah atau dikurangi sesuai keinginan.

3. Panaskan minyak, tumis saus gochujang hingga harum. Masukkan kudapan manis beras, aduk hingga kuah mengental dan merata.

4. Angkat, taburkan daun bawang cincang dan biji wijen. Sajikan selagi hangat. Selamat mencoba!

RECOMMENDED

Comments