Suhu Makin Mengkhawatirkan, Warga Amerika Dilarang Menarik Napas Secara Dalam

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Suhu Makin Mengkhawatirkan, Warga Amerika Dilarang Menarik Napas Secara Dalam

Suhu Makin Mengkhawatirkan, Warga Amerika Dilarang Menarik Napas Secara Dalam

KEPONEWS.COM - Suhu Makin Mengkhawatirkan, Warga Amerika Dilarang Menarik Napas Secara Dalam Ilustrasi Suhu Ekstrem. (Pixabay/ WildOne) Polar Vortex atau Pusaran Kutub sekarang semakin berkecamuk di Midwest (Amerika Serikat Barat Tengah) sehingga dapat berakibat fatal bagi penduduk. Suhu mak...

Ilustrasi Suhu Ekstrem. (Pixabay/ WildOne)

Polar Vortex atau Pusaran Kutub sekarang semakin berkecamuk di Midwest (Amerika Serikat Barat Tengah) sehingga dapat berakibat fatal bagi penduduk. Suhu makin mengkhawatirkan sehingga warga Amerika di wilayah tersebut dilarang menarik napas secara dalam saat di luar ruangan.

Menurut peneliti dan badan berwenang setempat, dingin yang ekstrem dapat mengancam jiwa. Bahkan di beberapa tempat, suhu dapat mencapai -40 derajat Celcius.

Menurut laporan dari Reuters, suhu yang mengkhawatirkan setidaknya telah mengakibatkan 12 kasus kematian.

Temperatur angin dingin di Park Rapids, Minnesotta bahkan dapat menyentuh -40 derajat Celcius.

Sementara suhu di North Dakota mencapai minus 35 derajat Celcius sehingga menyebabkan jalanan kosong dan sedikit orang keluar rumah.

Peneliti mengungkapkan bahwa suhu ekstrem ini sebagai karena dari Polar Vortex atau Pusaran Kutub.

Anomali temperatur yang dirilis pada 30 januari 2019 oleh para peneliti. (University of Maine)Anomali temperatur yang dirilis pada 30 januari 2019 oleh para peneliti. (University of Maine)

Polar Vortex akan menyebarkan angin yang ekstra dingin yang dimulai dari Kanada dan menyebar ke sebagian wilayah Amerika.

Udara beku yang bergerak di sekitar Kutub Utara berpindah ke selatan sehingga mencapai beberapa tempat di Amerika Serikat.

Menghadapi hal itu, warga Amerika yang berada di Midwest dianjurkan untuk menutupi kulit yang terbuka ketika di luar ruangan.

Mereka juga harus menjaga pakaian tetap kering, karena suhu dingin dapat semakin menjadi ketika pakaian basah.

Bila suhu makin dingin dan kulit mati rasa, segera masuk ke dalam dan menghangatkan tubuh dengan air hangat (bukan panas).

Saran lain merupakan warga Amerika dilarang mengambil napas terlalu dalam untuk melindungi paru-paru mereka dari udara yang sangat dingin.

Midwest Amerika Serikat terdiri dari 12 Negara Bagian. (Wikipedia/ Wapcaplet)Midwest Amerika Serikat terdiri dari 12 Negara Bagian. (Wikipedia/ Wapcaplet)

Ancaman penyakit radang dingin hingga hipotermia dapat membahayakan nyawa mereka.

Dikutip dari IFLScience, peta-peta yang dibuat oleh para peneliti Climate Change Institute di University of Maine menunjukkan suhu yang tidak biasa sedang melanda Bumi.

Itu termasuk suhu Atlantik Utara yang hangat luar biasa.

Alasan pergeseran Polar Vortex atau Pusaran Kutub berkaitan dengan pemanasan global.

Sebuah studi pada Nature Climate Change di tahun 2016 menunjukkan bahwa Arktik yang lebih hangat akam menyebabkan pergeseran Polar Vortex.

Itu juga menyebabkan ledakan suhu beku ke wilayah Amerika Serikat.

Menghadapi hal ini, kini warga Amerika terutama di Midwest harus tetap waspada dan menghindari keluar ruangan ketika suhu makin mengkhawatirkan.

Comments