Sudah Rutin Bercinta Namun Masih Sulit Hamil?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Sudah Rutin Bercinta Namun Masih Sulit Hamil?

Sudah Rutin Bercinta Namun Masih Sulit Hamil?

KEPONEWS.COM - Sudah Rutin Bercinta Namun Masih Sulit Hamil? Memperoleh kehamilan tak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Tapi, meski sudah rutin bercinta, banyak pasangan suami istri yang kerap kebingungan karena tak kunjung dikaruniai buah hati. Dikat...

Memperoleh kehamilan tak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Tapi, meski sudah rutin bercinta, banyak pasangan suami istri yang kerap kebingungan karena tak kunjung dikaruniai buah hati.

Dikatakan spesialis obgyn, dr. Batara Imanuel Sirait Sp.OG(K), pasangan suami istri yang sudah menikah selama satu tahun, memiliki peluang kehamilan hingga 86 persen. Hal itu tentunya disertai beberapa faktor.

"Harus rutin bercinta minimal 3 kali seminggu, boleh lebih, kurang jangan. Salah satu yang jarang diperhatikan pasangan yaitu kondisi saat bercinta, biasanya sudah terlalu capek bekerja sehingga tak bergairah lagi bercinta," ujar Barata ditemui di daerah Kuningan, Jakarta.

Ilustrasi pasangan/bercinta.

Tak hanya itu, usia juga kerap kali berperan dalam memungkinkan kehamilan yang diidam-idamkan. Alasannya adalah, semakin tua usia seseorang, semakin menurunkan kualitas kesuburannya.

"Usia paling baik dalam memperoleh kematangan kesuburannya yaitu 25 tahun. Semakin tua, di atas 38 tahun, rentan terjadi keguguran dan kemungkinan adanya cacat bawaan pada janin," kata dia.

Untuk mereka pasangan yang baru menikah tiga bulan dan sudah rutin bercinta, dokter Barata menyarankan proses menghitung masa subur. Hal ini diakuinya cukup ampuh pada mereka yang sedang dalam program hamil.

"Hitung masa subur pada wanita yang mens teratur, itu bisa menjadi penanganan program kehamilan semenjak dini. Usahakan saat sedang di masa suburnya, jangan tidak melakukan hubungan seks," jelasnya. (ase)

Comments